Menginjak Usia 30 Tahun, Waspadai 4 Perubahan pada Tubuh Ini

Ada beberapa hal yang bisa menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia. Misalnya, wine, keju, atau hal lain. Namun, saat seseorang menginjak usia 30 tahun, terutama pria, ia tidak mempersiapkannya atau bahkan tidak mewaspadainya. Padahal, dengan bertambahnya usia, mungkin pendapatan semakin meningkat, tetapi kesehatan tidak akan selamanya fit. 

Menginjak usia 30 tahun, kamu akan mulai menyadari bahwa tubuh akan merespons secara berbeda. Steven Lamm, MD, profesor kedokteran dan direktur Tisch Men’s Health Center di NYU Langone Health juga menyebutkan bahwa kebanyakan pria harus berbuat lebih banyak hal untuk tetap sehat, di mulai usia tiga puluhan.

Ini karena tubuh menua dan setiap organ berubah. Bagi banyak orang, perubahannya sangat halus sehingga tidak akan terasa gejalanya. Tetapi jelas, organ kamu akan mengalami perubahan. 

Apa saja perubahan tersebut? Nah, berikut adalah 4 hal yang bisa terjadi: 

Pergeseran Performa Atletik Akan Terjadi Menginjak Usia 30 Tahun

Kemampuan untuk membangun otot setelah usia 25 tahun nyatanya akan mulai menurun. Ini karena tubuh tidak dapat membawa oksigen ke otot-otot dengan kecepatan tinggi yang sama. Ini karena proses pemompaan darah oleh jantung yang mengalami penurunan.

Jadi, efek dari squat 250 pound yang kamu lakukan usia 24 tidak akan sama dengan ketika kamu melakukannya pada usia 40 tahun.

Pergeseran Kinerja Seksual

Masih ingat seperti apa kehidupan seksualmu di masa remaja? Kamu mungkin bisa dengan mudah mengalami ereksi. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi testosteron menurun, dan kemampuan kamu untuk menjaga segala sesuatunya tidak lagi sama.

Pada gilirannya, gairah seks kamu akan ikut menurun. Tetapi, ingatlah, bahwa selama kamu masih bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan, kamu masih tergolong sehat dan patut mensyukurinya. 

Baca Juga: Menjelang Usia 30 Tahun, Pria Wajib Tanyakan 5 Hal ini kepada Dokter

Metabolisme Tubuh Akan Melambat

Jika berat badanmu pada usia 20 tahunan sudah mencapai 90 kg dan tetap sama ketika menginjak usia 30 tahun, maka kamu dalam kondisi kurang fit. Itu karena kamu akan kehilangan massa otot. Metabolisme melambat seiring bertambahnya usia, yang berarti kamu tidak akan bisa makan sebanyak mungkin dan mempertahankan tubuh yang sama.

Selain itu, mitokondria juga tidak berfungsi, yang berarti kamu tidak dapat membakar kalori dengan banyak. Tips untuk menjaga metabolisme berjalan lancar adalah rutin minum air. Penelitian menunjukkan bahwa minum 16 ons air suhu kamar dapat meningkatkan metabolisme selama sekitar setengah jam dalam 10 menit konsumsi.

Kamu Juga Jadi Kurang Fleksibel

Seiring bertambahnya usia, kamu pun cenderung tidak seaktif ketika masih muda. Ketika kamu menurunkan tingkat aktivitas, kamu akan kehilangan beberapa rentang gerak pada persendian yang pernah kamu miliki. Pertahankan hal-hal yang dapat ditempa dengan menggabungkan 10 menit peregangan hal pertama di pagi hari begitu kamu bangun dari tempat tidur.

Bonus: penelitian mengatakan bahwa melatih kelenturan dan fleksibilitas juga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here