Perusahaan-Perusahaan Indonesia Kesulitan Mencari Tenaga Kerja

kesulitan mencari tenaga kerja
Sumber: dbs

Beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhan lapangan kerja di tanah air memang terus meningkat. Namun, bukan berarti hal tersebut menunjukkan hal yang positif. Faktanya, berbagai perusahaan Indonesia justru masih kesulitan mencari tenaga kerja. Karena tenaga kerja yang ada dianggap tidak dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.

Tanda-tanda ini secara tak disadari mengindikasikan bahwa perusahaan Indonesia memang sedang kesulitan mencari tenaga kerja

Jumlah Sarjana Pengangguran Semakin Banyak

Sumber : Kompasiana

Jumlah lulusan S1 saat ini memang jauh lebih banyak dibandingkan 20 hingga 30 tahun lalu. Namun, hal tersebut tak sejalan dengan pertumbuhan lapangan kerja. Karena perusahaan modern tak hanya membutuhkan lulusan S1 yang fresh graduate, melainkan butuh tenaga kerja yang berpengalaman dalam hal teknis. Kesulitan mencari tenaga kerja semakin parah karena sistem pendidikan di bangku kuliah lebih mengutamakan hal-hal bersifat teori daripada praktik kerja langsung.

Baca Juga: Meminta Perpanjangan Deadline demi Hasil Kerja yang Lebih Baik

Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing

Sumber : Viva

Hal lainnya yang menunjukkan kesulitan mencari tenaga kerja adalah kehadiran para tenaga kerja asing. Karena para tenaga kerja asing dianggap lebih terampil dan mampu memberikan solusi efektif bagi perusahaan. Itulah sebabnya masih cukup banyak perusahaan yang mempercayakan pengelolaan tingkat stakeholder kepada tenaga kerja asing. Potensi tenaga kerja asli Indonesia sering kali masih kurang memenuhi kebutuhan perusahaan.

Tingkat Kegagalan Wawancara Kerja Terbilang Tinggi

Sumber : Glamour

Kesulitan mencari tenaga kerja juga diperlihatkan dari tingkat kegagalan wawancara kerja suatu perusahaan. Semakin tinggi tingkat kegagalannya, maka semakin sulit pula perusahaan menemukan tenaga kerja yang dibutuhkan. Meskipun sudah berstatus sarjana S1, hal tersebut bukanlah jaminan untuk mendapatkan pekerjaan secara mudah. Para pencari kerja pada umumnya mengalami kegagalan beberapa kali sebelum akhirnya bisa memperoleh pekerjaan.

Semakin Banyak Ketidaksesuaian antara Pendidikan dan Bidang Pekerjaan

Bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan kini bukanlah hal asing. Justru sebagian besar orang sedang mengalaminya. Hal ini memperlihatkan bahwa tingkat kesulitan mencari tenaga kerja semakin tinggi. Terutama tenaga kerja dengan bidang keahlian khusus tertentu. Sehingga perusahaan berinisiatif untuk melakukan training secara intensif demi mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan. Fenomena ini jelas memunculkan anggapan bahwa sebagian besar lulusan sarjana pasti bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan disiplin ilmunya.

Masalah kesulitan mencari tenaga kerja memang menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan di tanah air. Namun, jangan sampai hal tersebut menghambat kemajuan perusahaan karena mempekerjakan staf-staf yang kurang kompeten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here