Ingin Menebalkan Rambut? Coba Lakukan Pijat Kulit Kepala

Siapa sih yang tak ingin memiliki rambut indah? Tapi, terkadang kita harus menyisihkan dana yang tak murah untuk merawat rambut. Misalnya, Anda harus rela menghabiskan banyak uang untuk membeli shampoo khusus, suplemen rambut, bahkan perawatan berteknologi tinggi.

Ya, itu yang banyak dilakukan orang, khususnya mereka yang mulai khawatir akan masalah kerontokan rambut. Padahal nih Anda bisa merawat rambut dengan cara yang sederhana, cukup melakukan pijat kulit kepala.

Masalah kerontokan rambut memang bak musibah buat wanita dan pria. Menurut American Hair Loss Association, faktanya sekitar 40 persen orang Amerika Serikat (AS) yang mengalami kerontokan rambut adalah wanita. Nah, sebagai antisipasi, Anda bisa terapkan tips berikut!

Memijat Kulit Kepala untuk Atasi Kerontokan Rambut

Debra Jaliman, MD, seorang dokter kulit dalam praktik pribadi di Upper East Side, Manhattan, AS, mengatakan bahwa pijat kulit kepala telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan ke folikel rambut. 

Sebuah studi dalam edisi Januari 2016 dari ePlasty juga menunjukkan bahwa hanya empat menit memijat kulit kepala sehari dapat meningkatkan aktivitas di antara gen yang meningkatkan pertumbuhan rambut, serta mengurangi aktivitas gen yang terkait dengan kerontokan dan peradangan di kulit kepala.

Memijat akan melebarkan arteri yang sangat kecil di dalam kulit kepala, yang kemudian dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Sehingga siklus pertumbuhan rambut semakin panjang.  

Baca Juga: 5 Makanan yang Menutrisi Rambut Agar Lebih Tebal dan Indah

Pijat kulit kepala untuk rambut rontok juga efektif mengurangi stres. Tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah ke permukaan kulit dalam memberikan lebih banyak nutrisi, pijatan juga bisa memberikan efek yang menenangkan. 

Sebuah studi dalam Journal of Physical Therapy Science edisi Oktober 2016 mendukung hal ini. Ditemukan bahwa pijatan kulit kepala sebanyak dua kali seminggu mampu menurunkan kadar hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung, yang semuanya diketahui meningkat selama masa stres emosional atau fisik.

Kapan Waktu Tepat Melakukan Pijat Kulit Kepala?

Pijat kulit kepala untuk pertumbuhan rambut dapat dilakukan saat Anda keramas atau saat rambut kering. Lakukan pemijatan setidaknya tiga menit dengan kedua tangan sehingga mencakup area permukaan yang besar.

Pemijatan tidak perlu menggunakan minyak atau serum, meski sebagian orang gemar menambahkan aromaterapi yang menenangkan, seperti lavender, dan yang menyegarkan seperti kayu putih atau mint, untuk menambah dorongan sirkulasi. 

Baca Juga: Segera Hentikan 4 Kebiasaan yang Merusak Rambut Ini

Bagaimana Cara Melakukannya?

Anda bisa memijat lembut dengan ujung jari, lalu perlahan tingkatkan tekanannya. Mulailah dari tepi garis rambut, lanjutkan ke arah tengah. Jika Anda ingin merangsang drainase limfatik, maka lakukan dari area pinggir.

Namun, perlu diingat bahwa kerontokan rambut yang signifikan atau cepat mungkin merupakan tanda dari kondisi medis dan Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here