Pilihan Olahraga Saat Puasa agar Badan Senantiasa Bugar Selagi Kerja

Masihkah kamu melakukan olahraga saat puasa? Sebagian besar orang beranggapan bahwa rutinitas olahraga bisa dihentikan sejenak selama bulan Ramadan. Padahal, tetap berolahraga justru sangat bagus menjaga stamina selama berpuasa.

Olahraga saat puasa tidaklah harus yang berat-berat. Melakukan olahraga lebih ringan di pagi atau sore hari sangat disarankan. Daripada menanti waktu berbuka dengan bermalasan, lebih baik mencoba melakukan beberapa olahraga ini.

Yoga

Rutin melakukan yoga memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan fokus serta rileks. Yoga menjadi olaraga yang dianjurkan untuk dilakukan saat puasa. Kamu hanya perlu membatasi durasinya agar tidak terlalu kelelahan.

Efek paling baik yang bisa didapatkan dari yoga adalah memberikan rasa tenang. Olahraga ini cocok dilakukan saat bangun pagi atau pun sore hari menjelang berbuka. Kamu juga bisa melatih pernapasan lewat yoga loh.

Bersepeda

Jika ingin melakukan olahraga di luar yang sedikit berat, kamu bisa bersepeda. Lakukan olahraga ini pagi hari sebelum berangkat kerja. Menghirup udara pagi yang masih segar sangat baik menaikkan semangat saat berpuasa.

Bersepeda memiliki manfaat membangun otot serta meningkatkan ketahanan tubuh. Namun, perhatikan pula rute dan waktu selama bersepeda. Jangan sampai kamu kelelahan karena memilih ambil rute panjang.

Jogging

Pilihan olahraga saat puasa selanjutnya adalah jogging. Olahraga ini dilakukan dengan intensitas sedang sehingga tidak akan mengganggu ibadah puasa. Yang terpenting adalah menjaga tubuh agar tidak sampai terkena dehidrasi.

Jogging ringan cukup dilakukan selama 20 menit, baik saat pagi maupun sore hari. Lewat jogging, kamu dapat merasakan peredaran darah tubuhmu lebih lancar, mengurangi stres, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Senang Olahraga Pagi, Manfaat Inilah yang Bisa Kamu Dapatkan!

Plank

Buat kamu yang lebih suka berolahraga di dalam ruangan, plank bisa menjadi pilihan. Olahraga ini cocok bagi karyawan yang cukup sibuk dan nyaris tak sempat olahraga. Intensitas dari plank sendiri tidak terlalu tinggi.

Plank juga sangat aman dilakukan saat ibadah puasa. Kamu cukup rutin melakukannya satu hingga dua menit per hari. Olahraga ini melatih otot perut sehingga memberikan postur tubuh yang bagus.

Jalan Santai

Kalau kamu merasa amat malas olahraga saat puasa, setidaknya biasakanlah berjalan santai setiap hari. Meski terkesan tidak mengeluarkan banyak energi, olahraga ini banyak manfaatnya. Melakukan jalan santai tiap 20 hingga 30 menit dapat menjaga kesehatan jantung, otot, serta tulang.

Waktu yang baik untuk jalan santai adalah pagi hari ketika masih bisa merasakan udara segar. Kalau pun terlalu sibuk, kamu bisa mengalihkannya di sore hari menjelang berbuka.

Tidak ada salahnya tetap menjaga olahraga teratur saat puasa. Ingat, tubuhmu juga butuh dijaga kebugarannya agar puasa bisa lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here