Pilihan Smartwatch Masa Kini, Apple Watch 3 atau Samsung Gear Sport?

www.v3.co.uk

Persaingan dalam menghasilkan gadget yang berteknologi canggih pada dua perusahaan raksasa, Apple dan Samsung, terus berlanjut. Setelah sukses meluncurkan smartwatch dengan dua series, Apple Watch 1 dan 2. Apple tidak ragu untuk mengeluarkan seri yang ke 3, Apple Watch 3. Dilengkapi dengan koneksi seluler, cpu lebih kencang, sensor baru, serta baterai yang tahan lama.

Seolah tidak ingin ketinggalan dari rivalnya, Samsung juga mengeluarkan smartwatch yang dijuluki Samsung Gear Sport. Dari segi fungsi yang ditawarkan Samsung Gear Sport tidaklah berbeda dengan Apple Watch. Dapat menghubungkan jam pintar dengan smartphone yang dimiliki merupakan fungsi utamanya. Melihat pesan, membalas pesan, menelpon, mendengarkan musik dan masih banyak lagi.

Mari intip lebih dalam kelebihan yang dimiliki dari kedua pilihan smartwatch tersebut di berbagai sisi

Tampilan dan desain

youtube

Jika Anda seorang yang menyukai tampilan berbau modern dan kekinian, Apple Watch sangat cocok untuk itu. Desain persegi dengan ujung yang melengkung pada keempat sisinya memberikan kesan elegan dan mulus saling berpadu di setiap detailnya.

Lain halnya dengan Samsung Gear Sport, desain strap dan body jam yang telihat biasa layaknya jam premium. Kesederhanan smartwatch ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menggunakan jam dengan model simpel. Tali yang bisa diganti dengan warna tertentu, bisa dipadukan dengan busana Anda.

Baca Juga : Biasa Jadi Trendsetter, Nokia Tiru Desain iPhone X di Smartphone Terbarunya

Fitur pada Bagian Perangkat Keras

Bagian hardware atau perangkat keras pada Samsung Gear Sport dilengkapi bezel yang dapat diputar-putar untuk mengubah volume suara atau mengangkat panggilan telepon. Selain fungsi tersebut, desain bezel yang condong lebih keluar pada layar mampu melindungi layar sehingga penggunanya tidak khawatir terjadi benturan atau gesekan saat beraktivitas menggunakan Samsung Gear Sport. Untuk Apple Watch 3, layar pada jam tangan ini terlalu terekspos sehingga jika Anda ceroboh, hal-hal seperti terbentur atau tergores benda keras akan sangat mudah terjadi.

Fitur dan Teknologi

forbes

Secara keseluruhan, kedua jam tangan pintar ini sangat nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas. Mulai dari Apple Watch yang dapat digunakan di kedalaman air mencapai 45 meter selama 30 menit. Lain halnya dengan Samsung Gear Sport yang mampu bertahan di kedalaman 48 meter. Pada segi ketahanan baterai, Samsung Gear Sport lagi-lagi mengalahkan Apple Watch dengan mampu bertahan hingga dua hari lebih dalam sekali mengisi daya. Sedangkan Apple Watch hanya mampu bertahan satu hari lebih.

Fitur Software dan Aplikasi

youtube

Sistem operasi yang digunakan Apple Watch yaitu WatchOS, sedangkan Gear Sport menggunakan TizenOS. Kedua sistem operasi yang berbeda tentu menghasilkan kinerja yang berbeda pada masing-masing pilihan smartwatch. Mulai dari activity tracker yang tidak bisa ditemukan di Gear Sport, Apple Watch memiliki fitur jenis ini.

Ditambah asisten pribadi yaitu Siri yang dapat mengatur jadwal Anda sehari-hari. Apple Watch 3 telah dilengkapi jaringan LTE yang memungkinkan Anda terhubung ke telepon secara langsung. Untuk soal aplikasi dan software yang unik serta sangat berguna, Apple Watch lebih selangkah di depan.

Nah, jika Anda sudah memahami kekurangan dan kelebihan yang dimiliki kedua pilihan smartwatch tersebut, semua balik lagi pada keputusan Anda. Pilihlah smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Mengingat biaya yang dikeluarkan untuk smartwatch cukup menguras kantong.

Seperti halnya Apple Watch yang hanya bisa dioperasikan dan terhubung dengan iPhone. Jika Anda bukan pengguna iPhone, sangat disayangkan fitur-fitur canggih pada jam tangan pintar tersebut tidak akan berfungsi. Untuk itu, pilih apa yang menjadi kebutuhan seperti mempermudah pekerjaan dan aktivitas lainnya.Anda yang menentukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here