Modalku Gandeng Tokopedia Sediakan Pinjaman bagi Merchant Online

saldo prioritas Tokopedia dan Modalku
Kerja sama Modalku dan Tokopedia dalam memberikan pinjaman kepada pebisnis online

Modalku merupakan perusahaan peer to peer lending yang menyediakan jasa pinjaman bagi merchant online di Indonesia. Tujuannya untuk memperlancar arus kas penjual. Untuk memperluas jaringan, Modalku menjalin kemitraan dengan Tokopedia. Dengan fitur Saldo Prioritas, penjual Tokopedia dapat menerima dana di muka untuk menjalankan bisnis setelah melewati proses aplikasi yang mudah, tanpa harus menunggu konfirmasi order dari pembeli.

Fitur Saldo Prioritas dapat menjawab tantangan utama para merchant online, yaitu macetnya arus kas. Di antara waktu penerimaan order hingga pemenuhan pesanan dan penerimaan pembayaran, penjual harus bergantung pada modal sendiri untuk beroperasi dan membeli inventori. Dengan Saldo Prioritas penjual bisa mendapatkan 80% dari nilai pesanan selama jeda waktu tersebut. Untuk bisa memanfaatkan Saldo Prioritas, merchant hanya perlu mengunggah KTP dan NPWP. Dalam waktu kurang dari 1 hari kerja, merchant sudah bisa mendapatkan dana pinjaman tanpa agunanan. Saat ini, ada sekitar 100.000 merchant yang sudah menggunakan fitur Saldo Prioritas.

“UMKM Indonesia menyumbang kontribusi yang luar biasa bagi perekonomian negara. Ketika berbicara soal UMKM, kita tidak boleh lepas dari pebisnis dan merchant online. Meski secara individu bisnis mereka tidak besar, tetapi mereka adalah bagian dari sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Modalku bersama Tokopedia berharap bahwa Saldo Prioritas bisa menjadi jawaban bagi kebutuhan pembiayaan mereka,” jelas Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku.

Salah satu merchant Tokopedia, Glob Shop menggunakan fasilitas Saldo Prioritas untuk kebutuhan modal bisnis daring-nya. Pedagang Glob Shop menyatakan bahwa dengan Saldo Prioritas ia dapat restock barang dengan cepat dan tidak lagi khawatir saat permintaan melonjak. Keberadaan Saldo Prioritas juga mendukung merchant untuk mengambil peluang bisnis, terutama bagi mereka yang memiliki dana terbatas sedangkan terus menghadapi permintaan.

“Tokopedia selalu fokus untuk menjawab masalah yang dihadapi pengguna. Keberadaan Saldo Prioritas memudahkan merchant untuk menjalankan bisnis supaya lancar tanpa adanya hambatan dalam putaran arus kas,” tambah Head of Financial Technology Tokopedia, Samuel Sentana.

Baca Juga : Gandeng Pemilik UMKM, Tokopedia Luncurkan Mitra Tokopedia

Saldo Prioritas menyatukan visi Modalku dan Tokopedia, yakni mendukung inklusi keuangan di Indonesia agar semakin banyak penduduk tanah air yang tergabung dalam sistem keuangan formal. Ibarat saling melengkapi, Tokopedia telah membuka peluang bagi mereka untuk merintis usaha sendiri, sedangkan Modalku memperluas akses pinjaman modal usaha tanpa agunan.

“Ekonomi digital di Indonesia terus bertumbuh pesat. Aktivitas startup dan pebisnis online diharapkan akan terus mendukung ekonomi negara. OJK mendukung sektor teknologi finansial untuk berperan serta dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital, terutama dengan memperluas akses pemodalan bagi pebisnis online berskala UMKM,” tutur Hendrikus Passagi, Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini