Tak Melulu Tinggi Kalori, Ini 6 Alasan Bahwa Pizza Bisa Jadi Makanan Sehat

pizza sehat
Sumber : stocksy

Siapa yang tak tahu pizza, makanan khas Italia yang sudah populer akan kelezatannya. Taburan berbagai topping di atasnya menjadikan makanan ini memiliki varian rasa yang berbeda. Banyak orang yang menganggap pizza sebagai junk food atau fastfood, namun anggapan tersebut tak melulu benar. Mengapa? Karena pizza mungkin saja menjadi makanan sehat dan memberikan manfaat gizi tertentu. Nah, berikut adalah beberapa alasan bahwa pizza sebenarnya makanan sehat dan baik dikonsumsi untuk Anda, menurut para ahli.

Meski begitu, tidak disarankan untuk menyantap pizza setiap hari atau menyantap pizza secara berlebihan ya!

Tak Melulu Berkalori Tinggi, Ini 6 Alasan Bahwa Pizza Bisa Jadi Makanan Sehat

Pizza mungkin saja memiliki banyak protein

Sumber : kingarthurflour

Tubuh menggunakan protein untuk membantu fungsi tubuh sehari-hari. Potongan pizza rata-rata memiliki sekitar 12 gram protein, yang sebagian besar berasal dari keju. Sedangkan, orang dewasa harus mengonsumsi 7 gram protein untuk setiap 20 pon berat tubuhnya. Protein adalah nutrisi penting untuk membantu Anda tetap kenyang dan juga banyak kebutuhan lain untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Junk Food Begitu Disukai, Pasti Setuju Sama Nomor 5!

Pizza dapat membantu tubuh menyerap lycopene

Sumber : marthastewart

Lycopene adalah antioksidan biasanya terdapat dalam buah-buahan berwarna cerah seperti stroberi, raspberry, dan tomat. Tomat adalah dasar dari sebagian besar saus pizza. Orang mengonsumsilLycopene untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat kolesterol tinggi.

Lycopene lebih mudah diserap dari tomat yang dimasak dibandingkan dengan tomat segar. Satu sendok makan saus pizza mengandung hampir 2.000 mcg likopen. Itu berarti sama dengan makan satu setengah cangkir tomat ceri.

Untuk memiliki pizza yang sehat, pilihlah topping sederhana

Sumber : cookingchanneltv

Untuk mendapatkan pizza yang lebih bergizi, maka pilihlah menu pizza dengan topping sederhana, seperti pizza margherita, yang hanya berisikan saus dan keju. Pada dasarnya pizza adalah sajian tradisional yang hanya memiliki kerak roti sederhana, saus tomat, dan taburan keju. Pizza mengandung keseimbangan dari tiga nutrisi utama yang kita butuhkan untuk membangun makanan yang seimbang dan memuaskan termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Keraknya rotinya adalah karbohidrat, sedangkan keju sebagai sumber protein dan lemak.

Pesan pizza tipis untuk sedikit kalori

Sumber : bhg

Adonan pinggiran pizza yang tipis nyatanya mengandung lebih sedikit kalori daripada pizza dengan adonan yang lebih tebal. Dengan pizza kerak tipis, Anda akan mengonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak yang sebimbang dan tentu saja lebih baik daripada pinggiran atau adonan pizza yang tebal.

Pizza bisa membuat tulang Anda lebih kuat

Sumber : bellavitashop

Bukan rahasia umum lagi kalau produk susu seperti keju adalah sumber kalsium yang baik. Tubuh menggunakan kalsium untuk membantu menjaga tulang yang kuat dan mencegah timbulnya osteoporosis, yang dapat menyebabkan tulang rapuh dan lemah. Keju mengandung protein dan lemak. Untuk mendapatkan manfaat ini dari pizza, pastikan keju yang tersaji dalam pizza yang Anda pesan tidak berlebihan.

Pizza dapat membantu Anda makan lebih banyak sayuran

Sumber : diabetes

Jika Anda tidak suka makan sayuran, maka pesanlah pizza sayuran atau buat pizza sayuran sendiri di rumah agar menyantap sayuran lebih menyenangkan. Ketika dikombinasikan dengan keju, saus, dan adonan, sayuran dapat menjadi makanan dengan rasa baru yang lebih lezat. Namun pastikan sayuran yang dijadikan topping tidak digoreng karena bisa mengandung lebih banyak lemak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here