Selena: Bantu Milenial Cari Tempat Kongkow Asyik!

Selena : Bantu Milennial Cari Tempat Kongkow Asyik!
Artin Wuriyani, Founder & CEO Selenago.com

Artin Wuriyani ingin mendorong milenial agar tetap aktif melakukan kegiatan-kegiatan positif dengan menyediakan platform digital yang berisi ragam kegiatan dan agenda yang dapat dipilih berdasarkan hobi atau interest.

April lalu, Artin baru saja merilis Selena di Yogyakarta. Meski baru dapat digunakan melalui website, namun Artin menyatakan animo pengguna Selena sudah terasa.

Melalui Selena, Artin memiliki misi ingin membangkitkan semangat positif para milenial dengan menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan bersama, mulai dari kategori travelling, watching, workshop, dan hang out.

Saat ditemui di Jakarta oleh Job-like Magazine, Artin menceritakan bagaimana ia bisa akhirnya merilis Selena di tengah kesibukannya sebagai seorang Direktur Bisnis dan Development HS Group Yogyakarta.

Wanita ini memiliki pola pikir yang berbeda dari founder startup pada umumnya. Ketika banyak perusahaan yang ingin mengalihkan lini bisnisnya dari offline ke online, Artin justru ingin mengubah online menjadi offline.

Karena Hidup Bukan tentang Hal yang Maya

“Saya punya dua anak. Yang satu baru lulus SMP dan yang satu lagi masih kecil. Saya kadang berpikir, anakku akan jadi apa di dunia digital mendatang?”

Ketika orang-orang ingin beralih dari offline menjadi online, Mbak Artin justru ingin mengubah kegiatan online menjadi offline. Apa yang mendasari pola pikir tersebut?

Kita semua adalah manusia. Dengan background psikologi yang saya miliki, saya memahami dengan individual needs. Sekeren apapun teknologi yang kita ciptakan, tidak akan mampu menyentuh kebutuhan dasar manusia. Saat ini, semua kebutuhan manusia itu seakan-akan bisa di-cover oleh gawai.

Dengan Selena, kami ingin mempertemukan para pengguna kami di dunia nyata untuk melakukan kegiatan bersama. Kami menyediakan berbagai kegiatan yang positif. Bagaimana caranya kita bisa menghabiskan duit kita untuk sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna dan orang lain (penjual jasa di Selena), daripada hanya nongkrongnongkrong di kedai kopi modern.

Apa saja yang menjadi kriteria bagi seller yang ingin menjual aktivitasnya di Selena?

Selama aktivitas yang dijual ada di kategorisasi Selena (ravelling, watching, workshop, dan hang out), kami terbuka untuk seluruh seller. Tim Selena juga akan menyaring apakah kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi orang lain. Itu sih yang terpenting.

Dilihat dari produknya, Selena memiliki misi sosial dari bisnis yang dijalani. Apa yang menjadi fokus Mbak Artin dan apa yang dilakukan agar bisnis dengan misi sosial dapat terus berkembang?

Selena tidak hanya fokus terhadap isu sosial, namun juga isu lingkungan dan local tourism. Kami ingin para pegiat kegiatan lokal menjadi lebih besar dan dikenal. Kami akan menyentuh bidang local empowerment dan small business entrepreneur.

Selain tengah mengembangkan Selena, Mbak Artin juga berkarier sebagai seorang Direktur Bisnis dan Pengembangan dalam sebuah perusahaan. Bagaimana membagi waktu antara mengurusi karier dan mengembangkan bisnis?

Saya percaya setiap orang memiliki tujuan hidupnya. Mungkin di perusahaan, saya meniti karier dan mencari pendapatan dari sana. Saya ingin membawa perubahan bagi sistem yang saya pimpin.

Tetapi, di Selena, ini passion saya dan mungkin saya bisa membawa perubahan ke lingkup yang lebih besar. Saya rasa pekerjaan apapun jika dilakukan dengan gembira, semua akan terasa mudah dan menyenangkan.

Apa yang Mbak Artin cari dalam memilih tim kerja untuk Selena?

Yang jelas harus satu frekuensi dengan saya. Seperti apa yang satu frekuensi? Adalah orang-orang yang tidak hanya mencari uang, tetapi ingin mengembangkan dirinya dan menjadi lebih baik dengan Selena. Membangun tim yang solid itu gampang-gampang susah.

Apa yang harus dilakukan seorang leader? Seorang leader harus lebih fokus melihat potensi timnya daripada kekurangannya. Sehingga, potensi-potensi itu dapat di-manage dengan baik. Jadi, saya lebih menghargai pencapaian mereka sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Baca Juga: Traveling Light: Karena Bawa Barang Banyak Itu Sudah Nggak Zaman

Nilai-nilai apa saja yang dibawa Selena sebagai sebuah startup di bidang pariwisata?

Kami tidak ingin besar dengan kompetisi, tetapi kami ingin besar dengan kolaborasi. Kami ingin tumbuh dengan menerapkan natural growth. Siapapun yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan Selana, kami terbuka untuk melakukan kerja sama.

Selena ingin menghancurkan stigma bahwa untuk mengembangkan startup kita harus bakar duit. Maka, Selena fokus mengembangkan hal-hal yang kecil dan ke depan akan berkembang lebih baik lagi.

Pesan apa yang bisa dibagi kepada para “calon founderstartup?

Dalam mendirikan sebuah startup, yang harus jelas tidak hanya idenya tetapi juga harus memikirian eksekusinya. Apapun yang ingin dilakukan, lakukan dengan sepenuh hati. Itu yang dapat menjaga kepercayaan dari publik untuk produk yang kita berikan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here