Usai Wawancara Kerja Apa Sih yang Didiskusikan Tim Rekrutmen?

Setelah wawancara kerja kamu tentunya berharap-harap cemas menunggu hasilnya. Sementara itu, tim rekrutmen mendiskusikan hasil wawancara kerja yang baru saja kamu lalui. Di beberapa perusahaan, tidak jarang manajer HRD ikut pula terlibat dalam diskusi ini.

Tentunya ada dua keputusan yang akan diambil oleh tim rekrutmen. Yang pertama, kandidat karyawan diperbolehkan mengikuti tahapan rekrutmen selanjutnya. Yang kedua, kandidat karyawan ditolak untuk melanjutkan ke tahapan rekrutmen berikutnya.

Tapi, apa sih sebenarnya yang didiskusikan oleh tim rekrutmen setelah tahapan wawancara kerja dilalui?

Tim Rekrutmen Membahas Ketertarikan Kamu pada Pekerjaan

Semakin kamu tertarik pada pekerjaan, maka semakin besar peluangmu untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. Ketertarikan disini maksudnya bukan hanya pada penghasilan yang bisa kamu dapatkan. Lebih dari itu, ketertarikan yang dimiliki haruslah didasari oleh passion pada pekerjaan.

Selain itu, tim rekrutmen juga menilai antusiasme dan motivasimu untuk bekerja. Karena, kamu diharapkan bisa bekerja untuk waktu yang panjang. Kamu juga bisa bekerja dengan lebih baik jika antusiasme dan motivasimu tinggi.

Baca Juga: Ini Lho Pertanyaan Umum Rekruter Saat Interview Kandidat Over-Qualified

Perlukah Ada Wawancara Kerja Tambahan?

Harap-harap cemas alias keraguan bukan hanya milik kandidat karyawan saja. Tim rekrutmen juga merasakan hal yang sama lho. Dalam hal ini tim rekrutmen bisa mempertimbangkan apakah perlu adanya wawancara kerja tambahan.

Terutama untuk kandidat karyawan yang peluangnya untuk melangkah ke tahapan selanjutnya sama besar dengan peluangnya untuk gagal. Dengan melakukan wawancara kerja tambahan, tim rekrutmen berharap bisa mendapatkan kepastian.

Wawancara tambahan yang dilakukan bisa dilakukan kembali oleh rekuter yang sama. Namun, bisa juga melibatkan manajer HRD atau pihak lain. Dalam hal ini user di perusahaan tersebut.

Jadwal Bekerja untuk Karyawan Baru

Hal lain yang juga bisa menjadi materi diskusi adalah kapan karyawan baru bisa mulai bekerja. Meskipun tim sudah menentukan kandidat mana yang bisa melangkah ke tahapan selanjutnya, seringkali timeline ikut pula didiskusikan. Seperti, kapan pelaksanaan tahapan rekrutmen selanjutnya, berapa lama karyawan baru bisa mempersiapkan dirinya untuk mengisi posisi yang baru, dan seterusnya.

Tentu saja, beberapa hal di atas akan menjadi diskusi yang panjang jika ada banyak posisi yang ditawarkan dan ada banyak kandidat yang memenuhi kriteria. Oleh karenanya, sebagai kandidat karyawan, kamu tidak perlu heran jika setelah wawancara kerja, tidak jarang kamu harus menunggu jawabannya dalam waktu yang lama. Hal itu disebabkan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh tim rekrutmen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here