Minder Belum Berpengalaman? Cek 5 Poin Penting CV bagi Pemula!

Salah satu fase yang hampir semua orang rasakan untuk mendapatkan pekerjaan impian adalah membuat CV atau Curriculum Vitae. Ini adalah fase krisis bagi seseorang yang belum memiliki pekerjaan untuk menjual ‘diri’ kepada perusahaan. Pemula harus memahami poin penting CV untuk membuka peluangnya.

Pasalnya, pemula kalah dari segi pengalaman sehingga harus memoles CV miliknya dengan beberapa poin penting lainnya. Jadi, apa saja poin penting CV yang harus diperhatikan calon pekerja pemula?

Data Pribadi Cukup dan Jelas

Mengenai data pribadi dalam CV, kamu harus ingat jika ini dibutuhkan untuk melamar pekerjaan bukan untuk bertukar biodata dengan teman. Maka tulislah data-data pribadi yang sekiranya dibutuhkan dan penting untuk diketahui oleh perusahaan.

Umumnya dimulai dengan nama lengkap juga panggilan, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat serta nomor telepon atau email yang bisa dihubungi. Ini poin penting CV yang harus tercantum. Untuk menghemat space dalam CV sebaiknya kamu memahami apa saja data pribadi yang sebaiknya dicantumkan dan diabaikan.

Keywords CV

Apakah kamu harus membuat CV yang berbeda saat melamar ke perusahaan berbeda? Jawabannya adalah iya, lakukan itu jika memang diperlukan. Jangan menyebar CV yang sama ke beberapa perusahaan karena justru akan membuat CV kamu tidak unik.

Baca Juga: Membuat CV yang Menarik Itu Penting untuk Membuka Peluang Interview

Artinya, kamu harus menemukan kata kunci yang bisa membuat dirimu cocok dengan posisi yang sedang diincar di perusahaan tersebut. Perhatikan bagian kualifikasi serta tugas dan tanggung jawab dari posisi tersebut karena itulah kata kunci yang harus ada di dalam CV.

Pendidikan dan Skill

Tim HRD tidak memiliki banyak waktu untuk memeriksa CV pelamar secara utuh. Maka gunakan space dalam CV dengan efektif. Misalnya dengan menaruh latar belakang pendidikan di bagian atas CV. Perlu diingat juga, pendidikan yang dicantumkan sebaiknya diurutkan berdasarkan pendidikan tertinggi.

Untuk menghemat space, kamu hanya perlu mencantumkan pendidikan yang relevan saja tidak perlu dari SD. Setelah pendidikan, kamu bisa menaruh bagian yang menonjolkan kemampuan yang paling relevan dengan keyword.

Pengalaman Organisasi dan Kepanitiaan

Sebagai pengganti pengalaman kerja, poin penting CV yang bisa kamu cantumkan adalah pengalaman organisasi dan kepanitian yang relevan dan penting. Misalnya pengalaman sebagai volunter di organisasi sosial, atau organisasi mahasiswa UMKM, atau mungkin ekstrakulikuler yang pernah diikuti.

Pada bagian ini, kamu harus menekankan posisi dan peranmu dalam organisasi atau kepanitiaan. Sehingga tim rekrutmen bisa melihat hardskill dan softskill kamu.

Sertifikat dan Prestasi

Satu lagi poin penting CV yang tidak boleh dilewatkan saat melamar pekerjaan pertama, yaitu mencantumkan sertifikat dan prestasi. Bagian ini juga penting untuk menonjolkan kemampuan kamu yang sudah terverifikasi melalui sertifikat.

Anda bisa mencantumkan sertifikat dan prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu incar. Semoga sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here