Yuk, Intip Poin Utama Memulai Bisnis Baru dari Digital Marketing Strategist

Bella Khaja, Founder Nimble Marketing Consultancy. (Foto: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Nggak perlu bertindak seperti superman atau wonder woman ketika kamu baru memulai sebuah bisnis. Itu petuah yang saya petik dalam perbincangan saya dengan Bella Khaja, Digital Marketing Strategist, asal Singapore, beberapa waktu silam.

Ya, jangan sabet semua bidang atau servis yang ingin kamu tawarkan kepada konsumen. Karena kamu akan kehilangan kendali, dan ujung-ujungnya bisnis kamu berantakan. Bella mengatakan penting bagi pelaku bisnis untuk menemukan niche bisnisnya sejak early stage.

Founder Nimble Marketing Consultancy ini berkaca pada pengalamannya membangun bisnisnya tiga tahun silam. Membangun Nimble sebagai solo entrepreneur, Bella menyabet semua peluang servis. Mulai dari konsultasi pembuatan situs, digital marketing, branding, konten, dan sosial media. 

Langkahnya itu justru membuat kerjanya keteteran. Selama delapan bulan wanita berhijab ini mengaku ngos-ngosan mengendalikan lima servis yang ia tawarkan. Ia pun beberapa kali dihantui keinginan untuk menyerah.

That was my biggest mistake. Saya ingin melakukan semuanya. Lalu saya menyadari yang paling saya sukai dari kesemuanya adalah sosial media. Saya harus fokus pada apa yang saya sukai dan menguasainya ketimbang mencoba semuanya,” ujar Bella.

“Lalu pada 2017 saya memfokuskan pada apa yang saya inginkan untuk dikenal, yaitu konten untuk sosial media. Jadi belajar untuk tidak melakukan segalanya juga penting ketika memulai sebuah bisnis,” imbuhnya.

Baca Juga: Kesuksesan Konten Marketing: Tidak Harus Viral, Tapi…

Bella Dirikan Bootcamp untuk Wanita Mengasah Skill Teknologi

Tak hanya memfokuskan servisnya, target konsumen Nimble juga mengerucut hanya untuk wanita. Bella mengapungkan misi untuk membangun komunitas wanita yang tak hanya melek teknologi, tetapi memiliki skill teknologi yang kompetitif.

Ini pun tak terlepas dari pengalamannya ketika “kecemplung” di dunia marketing. Wanita lulusan National University of Singapore jurusan Ilmu Politik ini mengawali kariernya sebagai marketeer di sebuah perusahaan di Inggris. Selama 1,5 tahun ia mendalami dunia pemasaran, khususnya untuk digital.

“Saya menyadari belum banyak wanita di industri ini. Industri ini didominasi para pria. Saya mencoba untuk membantu para wanita mampu di bidang ini, dan semoga lebih banyak wanita yang percaya diri akan kemampuannya,” bilang Bella. 

Untuk mewujudkan misinya, selain Nimble, Bella juga membangun FEM (Female Entrepreneurs Movement) pada 2017 bersama Nisa Aris, Founder SheCreates.online. FEM menjadi wadah bagi para wanita untuk saling berdiskusi dan belajar mengenai bisnis. 

Kedatangan Bella ke Jakarta beberapa waktu silam juga untuk menggaungkan misinya kepada para pebisnis wanita Indonesia. Bella melihat pesatnya perkembangan bisnis yang dimotori wanita di Jakarta. Ia pun tergerak untuk membagikan ilmunya mengenai digital marketing dalam sebuah one day workshop.

“Saya melihat Jakarta kota yang fantastis untuk memulai dan menyebarkan mengenai teknologi, bagaimana wanita bisa menggunakan teknologi untuk keuntungannya. Jakarta kota fantastis dengan banyak pebisnis wanita. Karena itulah saya datang ke sini,” ungkapnya.

Di akhir perbincangan singkat kami, Bella memberikan sedikit tips “Do & Don’ts” in Instagram, seperti berikut ini:

  1. Lakukan riset. Kamu harus tahu siapa target audience bisnismu. Kenali mereka. Lalu ramu Instagram kamu seperti sebuah majalah yang cantik. Penting untuk menjadikan Instagram sebagai platform yang menarik, visual adalah segalanya.
  2. Kamu harus mulai menggunakan IG TV, ini akan menjadi alat yang penting. Bila kamu tidak menggunakannya, maka ada sesuatu yang salah dari kamu sebagai pebisnis.
  3. Jangan menutup akses pengikutmu untuk mengirimkan Direct Message (DM). Kamu harus terbuka kepada pengikutmu. Biarkan mereka berbicara kepada kamu. Berkomunikasilah di sosial media. Mereka yang tidak terbuka biasanya takut akan kritik dan persaingan.

Semoga pembicaraan saya dengan Bella bisa memberikan wawasan buat kamu yang tengah merintis bisnis ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here