Sst, Ini yang Sering Dirahasiakan HRD dari Kandidat Karyawannya

Memenuhi keinginan atau harapan HRD bisa memperbesar kemungkinanmu untuk diterima bekerja. Tapi bagaimana caranya agar bisa tahu keinginan atau harapan dari HRD perusahaan? Nah, salah satunya caranya dengan mengetahui beberapa hal yang sering dirahasiakan oleh HRD dari kandidat karyawan.

Dengan mengetahui rahasia HRD, ada banyak kesalahan yang bisa dihindari. Dengan menghindari kesalahan, tentunya peluangmu untuk diterima bekerja lebih besar.

Selain itu dengan mengetahui rahasia ini kamu juga bisa mengetahui keinginan dan harapan perusahaan. Karena, HRD merupakan perwakilan dari perusahaan. Apa saja sih hal-hal yang sering dirahasiakan HRD dari kandidat karyawan? Berikut ini di antaranya:

HRD Tidak Tertarik pada Kandidat yang Menganggur Terlalu Lama

Menganggur terlalu lama bisa berarti tidak ada perusahaan yang berminat untuk merekrutmu. HRD menganggap hal ini terjadi karena kamu tidak memiliki kemampuan atau kepribadian yang dibutuhkan perusahaan. Oleh karenanya, pastikan HRD perusahaan yang kamu lamar sudah tertarik untuk merekrutmu sebelum kamu resign dari perusahaan yang sekarang.

Sedangkan bagi yang sudah resign, sambil menanti jawaban dari perusahaan yang dilamar, cobalah untuk mengisi kekosongan dengan kegiatan bermanfaat. Selain itu, pastikan kegiatan yang kamu ikuti bisa memperbesar kemungkinanmu diterima bekerja. Semisal, mengikuti workshop/pelatihan, menghadiri seminar atau kegiatan lainnya. Sehingga, HRD merasa kamu bisa dipertimbangkan untuk diterima bekerja.

Baca Juga: Bagaimana Menjelaskan Employment Gap pada Rekruter?

Rahasia HRD: Punya Koneksi Itu Penting

Mungkin kamu pernah berada di situasi seperti ini. Kamu dan kandidat lain punya kemampuan yang sama. Tapi, kenapa kandidat lain yang diterima bekerja? Salah satu alasannya, karena kandidat lain memiliki koneksi orang dalam.

Perusahaan umumnya lebih percaya pada referensi orang dalam dibandingkan hal-hal lain. Karena, perusahaan menganggap orang dalam tersebut sudah banyak mengetahui tentang kandidat yang direferensikannya.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperluas network. Sehingga kamu banyak mendapat relasi/kenalan yang bisa memberikan referensi di perusahaan yang dilamar.

Kamu Harus Mengetahui Kebutuhan Perusahaan

Kalau kemampuan kandidat sesuai dengan kebutuhan job desc atau posisi yang dilamar, ia punya kesempatan besar untuk diterima bekerja. Sayangnya, hal ini jarang disadari oleh kandidat. Dengan mengetahui kebutuhan dari posisi yang dilamar, kamu bisa memoles CV sehingga HRD tertarik untuk merekrutmu.

Selain itu, ada baiknya kamu mempelajari kebutuhan perusahaan. Carilah informasi mengenai nilai-nilai dan budaya kerja perusahaan, skala perusahaan, produk yang dihasilkan, dan lain-lain. Semakin kamu mengenal perusahaan, semakin besar kesempatan untuk diterima bekerja.

Untuk mengetahui kebutuhan perusahaan dan kebutuhan posisi yang dilamar, kamu tentunya harus melakukan riset.

Dengan mengetahui rahasia HRD di atas, kamu bisa mengetahui keinginan dan harapannya. Sehingga kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum menulis CV atau menghadiri wawancara kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here