Apa yang Harus Dilakukan Jika Potensi Badai Tsunami Mengancam?

potensi badai tsunami
sumber: tribunnews

Tentu musibah badai tsunami yang menimpa saudara kita di Palu dan Donggola bisa merupakan duka negara Indonesia. Meski demikian, sebenarnya ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan jika potensi badai tsunami datang mengancam. Tips yang akan diulas dalam artikel kali ini secara khusus ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir atau dekat dengan laut. Walau demikian, tidak ada salahnya bagi kamu yang tidak dtinggal di pesisir pantai juga turut mengetahui tips-tips berikut ini. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya yang bisa kamu simak.

Tips yang Harus Dilakukan Jika Potensi Badai Tsunami Datang Mengancam

1. Waspada Ketika Terjadi Gempa

menyelamatkan diri
sumber: katipol

Pada umumnya, badai tsunami dipicu oleh gempa bumi yang sebelumnya terjadi. Jika kamu sedang berada di pantai saat gempa terjadi, maka ada baiknya kamu waspada, terlebih jika gempa tersebut terasa cukup besar. Bisa saja potensi badai tsunami terjadi. Oleh karena itu, segera lihat media sosial atau informasi BMKG setelah terjadi gempa. Biasanya, informasi yang dirilis oleh BMKG bisa sangat cepat dan cukup akurat. Dengan demikian, waktu bagi kamu untuk menyelamatkan diri bisa lebih awal.

Baca Juga: Rentetan Kisah Tragis yang Terjadi Akibat Gempa dan Tsunami di Palu

2. Lihat Volume Air Laut

Sumber: okezone

Setelah gempa bumi terjadi, kamu juga bisa melihat volume air laut yang berada di tepi pantai. Jika air laut mengalami penyurutan yang cukup ekstrim dan signifikan, maka besar potensinya untuk terjadi badai tsunami. Kamu bisa segera menginfokan hal ini ke seluruh orang yang berada di lokasi pantai. Setelah itu, segeralah pergi sejauh mungkin dari lokasi pantai. Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa mengukurnya dengan jejak pasir basah di pinggir laut. Jika air laut menyurut jauh, maka tidak usah pikir panjang lagi, segera lari menjauh dan selamatkan orang sebanyak yang kamu bisa jika memungkinkan.

3. Gempa yang Tidak Terasa

Gempa Aceh
Sumber : infokehidupan

Tentu kita masih ingat dengan musibah tsunami yang menimpa saudara kita di Aceh pada tahun 2004 silam. Pada saat itu, gempa sebesar 9,1 skala Ritcher terjadi di laut dalam Samudera Hindia, sehingga gempa hebat tersebut tidak terasa oleh masyarakat Aceh saat itu. Dampak dari gempa tersebut akhirnya menimbulkan badai tsunami yang sangat besar. Oleh karena itu, hal ini bisa diketahui jika kamu sedang berada di pinggir pantai. Lagi-lagi poin nomor 2 diatas bisa menjadi hal yang harus kamu lakukan. Jika kamu sedang berlibur di pantai dan melihat air laut surut secara mendadak meskipun tidak terjadi gempa bumi, segera lari menjauh dan infokan hal ini kepada orang disekitar kamu.

4. Lari ke Tempat yang Tinggi

Sumber: DesainMinimalis

Jika potensi badai tsunami sudah mengancam, maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan hanyalah berlari dan menyelamatkan orang sebanyak-banyaknya. Meski demikian, sangat disarankan agar kamu berlari ke tempat atau daratan yang tinggi. Jangan sekali-kali berlai ke tempat atau daratan yang rendah, karena daya hantam badai tsunami akan semakin kuat. Jika memungkinkan, kamu bisa berlari ke atas gunung. Satu lagi, sebisa mungkin jangan berlari ke gedung-gedung tinggi, sebab sangat besar kemungkinan gedung tersebut untuk roboh ketika dihantam badai tsunami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here