Susah Meraih Predikat Startup Unicorn? Jadi Startup Zebra Saja!

startup zebra
Sumber : Medium

Beberapa tahun belakangan ini, istilah startup unicorn memang semakin populer di kalangan penggiat startup. Meskipun istilah tersebut populer, nyatanya meraih predikat sebagai startup unicorn bukanlah hal yang mudah. Suatu startup harus mendapatkan pendanaan lebih dari US$ 1 miliar. Di Indonesia, baru ada empat startup yang tercatat meraih predikat tersebut, yaitu Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan Go-Jek. Kalau menjadi startup unicorn adalah hal yang sangat sulit dicapai, mungkin sudah waktunya Anda mengembangkan startup zebra.

Apa yang Dimaksud dengan Startup Zebra?

Istilah startup zebra dipopulerkan oleh co-founder Switchboard, Mara Zepeda, sejak tahun 2017. Definisinya tentu sangat jauh berbeda dengan startup unicorn. Pada prinsipnya, startup zebra akan melakukan proses bisnis nyata yang menghasilkan keuntungan sekaligus menyiapkan solusi bagi masalah di masyarakat. Startup-startup dengan predikat tersebut tak berfokus untuk mendapatkan pendanaan super besar demi pengembangan bisnis. Karena proses perkembangannya bisa mengandalkan keuntungan yang didapatkan.

Ada beberapa karakteristik zebra yang bisa diteladani dalam mengembangkan startup, yaitu:

Zebra adalah Hewan yang Nyata

Sumber : Small Biz Trends

Unicorn adalah hewan mitologi yang sangat populer. Bentuknya sangat indah dan digambarkan sebagai kuda yang memiliki sayap. Berdasarkan analogi tersebut, memperoleh predikat sebagai startup unicorn memang tidak mudah. Di antara sekian banyak startup, hanya segelintir saja yang menyandang predikat tersebut. Hal ini jelas berbeda dengan zebra yang merupakan hewan nyata. Istilah zebra digunakan agar semua orang termotivasi untuk mengembangkan startup dengan pencapaian realistis.

Baca Juga: Mengenal Definisi Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya

Zebra Berwarna Hitam dan Putih

Sumber : VC Circle

Hitam dan putih pada tubuh zebra membentuk pola yang jelas. Artinya, startup zebra berfokus pada perolehan keuntungan yang nyata. Hal ini jelas jauh berbeda dengan startup unicorn yang rela menghabiskan uang demi popularitas dan inovasi pada tahun-tahun pertama.

Mungkin banyak di antara Anda yang belum tahu kalau Tokopedia tidak membukukan keuntungannya dalam 10 tahun pertama. Karena startup tersebut berfokus pada pengembangan internal, sistem, dan hal-hal pendukung lainnya. Kebijakan tersebut jelas berbeda dengan startup zebra yang akan berkembang berdasarkan keuntungan yang berhasil didapatkan.

Membentuk Komunitas yang Positif

Sumber : Life Hack

Zebra merupakan hewan yang hidup berkelompok di alam bebas. Karakter tersebut menjadi teladan bagi startup zebra untuk membentuk komunitas positif. Jika startup unicorn cenderung bersaing ketat dan saling menjatuhkan, lain halnya dengan startup zebra. Karena startup-startup tersebut akan berkumpul membentuk komunitas bermanfaat yang saling menguntungkan.

Dalam kurun waktu beberapa tahun yang akan datang, tren startup unicorn mungkin akan bergeser menjadi lebih realistis. Jadi, bersiaplah mengembangkan startup zebra untuk merai kesuksesan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here