Prediksi Tren Digital Marketing Tahun 2021, Makin Ramai Apa Saja Ya?

Tren digital marketing akan semakin berkembang seiring zaman. Apalagi dalam sepuluh tahun belakangan ini, pemasaran memanfaatkan media sosial dan teknologi semakin dinilai efektif. Lihat saja, penggunaan spanduk atau pun iklan di televisi bukan lagi menjadi satu-satunya jalan untuk memasarkan produk.

Kira-kira tren digital marketing seperti apa ya yang akan muncul tahun depan? Beberapa hal ini bisa jadi semakin banyak muncul untuk memikat hati konsumen.

E-commerce

Belanja online lewat e-commerce hampir dipastikan semakin menjamur. Keberadaan e-commerce bukan lagi sebagai tren, melainkan kebutuhan. Dengan kata lain, sebuah bisnis butuh toko online jika benar-benar ingin bertahan di persaingan pasar.

Hal ini tidak bisa lepas dari dampak pandemi yang cukup lama. Banyak perusahaan mau tidak mau mulai beralih ke tren digital marketing. Salah satu yang termudah adalah memanfaatkan platform e-commerce.

Voice Search

Dilansir dari The Digital, voice search diprediksi menjadi tren digital marketing tahun 2021. Mungkin kamu sendiri sudah tidak asing dengan fitur semacam voice search. Keberadaan fitur ini dipercaya akan terus dikembangkan hingga akhirnya bisa menjadi alternatif pemasaran produk.

Pasalnya, semakin banyak pula anak muda yang tertarik dengan fitur voice search. Konsumen tak perlu mengetik pencarian di internet, cukup mengucapkannya saja.

Video Marketing

Selanjutnya, tren digital marketing tahun depan tidak akan lepas dari konten berbentuk video. Konten video dapat lebih menarik perhatian konsumen sebelum memutuskan membeli produk. Itu sebabnya, pemasaran lewat video marketing dinilai lebih efektif dan tepat sasaran.

Isi konten video sendiri bisa beragam, mulai dari storytelling naratif, stop motion, hingga bermitra dengan influencer. Media untuk mengunggah video pun luas, misalnya Instagram, Facebook, hingga YouTube.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing Secara Online, Kenapa Nggak?

Social Network

Tren ini tentunya mengandalkan keberadaan media sosial. Social media marketing sendiri sudah menjadi media wajib bagi pebisnis untuk memasarkan produk. Tren media sosial tidak pernah turun, setidaknya dalam sepuluh tahun terakhir ini.

TikTok diprediksi punya potensi berkembang makin besar di tahun depan. Ini bisa menjadi ladang baru bagi para pebisnis untuk pemasaran. Apalagi pengguna TikTok sendiri hampir sebagian besar diisi anak muda.

Interactive dan Viral Marketing

Dalam menghadapi tren digital marketing tahun depan, pebisnis bukan hanya fokus pada pemasaran produk. Mau tidak mau, pebisnis harus mulai memikirkan cara membangun hubungan erat dengan konsumen. Salah satunya adalah menggunakan interactive content, misalnya dengan memanfaatkan fitur live.

Selain itu, re-purpose viral content dinilai menjadi strategi menarik. Pebisnis harus jeli pada topik yang sedang menjadi tren dan mengubahnya menjadi topik menarik bagi konsumen.

Jadi, sudah siap menghadapi tren digital marketing tahun 2021? Semoga info di atas bisa menjadi gambaran buat kamu dalam menerapkan strategi marketing tahun depan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here