Presentasi untuk Interview, Lakukan Tips Berikut agar Rekruter Terkesan

Ketika kamu harus melakukan presentasi untuk interview, ini berarti kamu sudah menyiapkan semua materi secara terperinci. Jenis interview seperti ini umum dilakukan untuk berbagai posisi yang bertanggungjawab untuk mengomunikasikan informasi pada kelompok besar, termasuk sales representative, analisis bisnis, manajer, manajer produk, posisi yang berhadapan langsung dengan klien dan lainnya.

Dan berikut adalah beberapa tips melakukan presentasi untuk interview.

Minta Panduan kepada Rekruter

Sebelum melakukan presentasi untuk interview, tanyakan kepada rekruter untuk mengklarifikasi apapun yang kamu perlukan. Pertama, baca dan review semua petunjuk yang kamu terima tentang presentasi.

Jika petunjuk tidak menyebutkan topik spesifik, tanyakan apakah tim rekruter ingin mendengar topik tertentu atau bila kamu harus memilih topik sendiri. Kemudian, tanyakan pula berapa lama waktu yang diperbolehkan untuk presentasi.

Melakukan Presentasi untuk Interview dengan Mengetahui Audiens

Cari tahu tentang keahlian audiens kamu sehingga kamu dapat berbicara dalam tingkat yang dapat dipahami tanpa terlalu menyederhanakannya. Pertimbangkan meminta nama dan posisi audiens di kantor sehingga kamu dapat meneliti anggota audiens dan sesuaikan pembicaraan berdasarkan pada pengetahuan, pengalaman, dan ketertarikannya.

Setiap informasi yang kamu kumpulkan dapat membantu untuk melahirkan pembicaraan lebih relevan dan berdampak, serta bisa meningkatkan peluang kamu untuk diterima.

Temukan Titik Fokus

Ketika kamu memilih topik untuk dijabarkan saat melakukan presentasi untuk interview, pastikan memilih area fokus. Struktur presentasi kamu harus relevan dan pastikan itu beresonansi dengan audiens.

Usahakan agar jumlah poin minimun saja untuk memastikan presentasi kamu tampak menyeluruh, bijaksana, dan dirancang dengan baik.

Baca Juga: Tips Sukses Lakukan Presentasi di Kantor, Anti Grogi Deh!

Presentasi untuk Interview dengan Menceritakan Kisah yang Menarik

Tidak peduli apakah kamu mendiskusikan proyek yang sudah selesai atau topik yang sangat teknis, metode story-telling tradisional adalah salah satu cara paling efektif untuk menyusun presentasi. Sebuah formula klasik dapat melibatkan audiens dan membuat pesan kamu mudah diingat. Dan berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Hadirkan sebuah masalah.
  • Jelaskan kenapa masalah menjadi penting.
  • Diskusikan trial yang kamu temukan ketika mencari jawaban.
  • Akhiri dengan resolusi kuat dan berdampak.

Posisikan Diri Kamu Secara Efektif

Ketika kamu hendak melakukan presentasi untuk interview, gunakanlah presentasi tersebut untuk memposisikan diri sebagai pahlawan cerita tanpa terlalu mempromosikan diri sendiri.

Gabungkan pengalaman kamu yang paling relevan dan kualitas terbaik ke dalam presentasi untuk menyoroti atribut terbaik kamu dan menggunakan data untuk mendukung klaim jika itu memungkinkan.

Ambil Pendekatan Positif

Tetaplah positif sepanjang presentasi, bahkan ketika kamu mendiskusikan hambatan yang telah kamu atasi. Pertimbangkan untuk fokus pada bagaimana kamu memerbaiki situasi sulit atau membahas bagaimana kamu mengambil langkah-langkah untuk melewati keadaan yang menatang.

Jika perlu, posisikan diri kamu sebagai orang yang proaktif dan sorot bagaimana kamu mengambil inisiatif untuk mengatasi masalah.

Gunakan Komunikasi Non Verbal

Untuk mengekspresikan diri secara efektif, berlatihlah dengan berdiri dan berbicara dengan penuh percaya diri. Senyumlah dengan natural, pertahankan ekspresi positif dan langsung menghadap audiens.

Jangan lupa juga untuk melakukan kontak mata secara alami di sepanjang presentasi, terutama ketika kamu sedang menyampaikan titik poin penting.

Dan untuk membuat presentasi kamu terkesan meyakinkan, buatlah ending yang mengesankan. Misalnya dengan mengambil 3-4 kata penting dari intisari presentasi, atau mengirimkan pesan dengan quote menarik yang mendekati visi, misi, dan goal perusahaan.

Penting juga agar kamu mengakhiri presentasi dengan mengajukan pertanyaan. Ini menunjukkan bahwa kamu terbuka pada feedback dan diskusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here