Mau Jadi Solo Traveler? Ketahui Dulu Pro dan Kontranya Berikut Ini, Yuk!

pro dan kontra solo traveling
Sumber : sentrawisata

Makin berkembangnya zaman, solo traveling makin banyak diminati banyak orang. Meski belum banyak orang Indonesia yang melakukan gaya liburan seperti ini, namun tak ada salahnya untuk mencoba. Nah, sebelum benar-benar menjadi seorang solo traveler, ada baiknya untuk mengetahui pro dan kontra solo traveling berikut ini.

Pro dan Kontra Solo Traveling

Pro

Keuntungan dalam Mengatur Waktu

Bagaimana Orang Kaya Dunia Mengatur Waktu? Rutinitas Ini Dapat Menginspirasi Anda
Sumber: Esty

Dengan solo traveling, Anda bisa mengatur semua aktivitas semaunya dan tentu saja hal ini tak akan Anda dapatkan bila berlibur secara berkelompok. Selain itu, keputusan apa pun bisa Anda pilih sendiri tanpa perlu minta persetujuan orang lain. Solo traveling juga menumbuhkan kemampuan Anda untuk berpikir dan menikmati kepercayaan diri tanpa harus terusik dengan opini orang lain. Karena dalam kelompok atau grup, Anda akan sulit mencapai keputusan bersama yang hasilnya bisa membahagiakan orang lain juga.

Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

makeup saat mudik
Sumber : Vemale

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pribadi yang melakukan solo traveling adalah mengembangkan jati diri. Dengan berpetualang di alam terbuka atau di tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, Anda akan melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih matang, memiliki pikiran yang lebih terbuka, serta mampu meningkatkan percaya diri. Dengan berada di luar zona nyaman, Anda akan mencari tahu hal-hal yang mendorong Anda untuk berkembang.

Solo traveling bukan berarti Anda benar-benar sendiri, lho. Sepanjang perjalanan menjelajahi tempat baru, Anda akan bertemu dengan pelancong atau bahkan orang lokal yang ramah dan siap membantu Anda bila mengalami kesulitan. Tak jarang dari mereka justru akan menjadi teman baru Anda berbagi cerita nantinya. Jadi, singkirkan opini bahwa solo traveling itu benar-benar sendiri.

Baca Juga: Pertama Kali Solo Traveling? 5 Hal Ini Bisa Anda Praktikkan Bila Tersesat saat Liburan!

Memiliki Ruang Sendiri

Tips sederhana
Sumber: Idntimes

Tanpa disadari, dengan melakukan solo traveling, Anda bisa sejenak melepaskan diri dari hiruk-pikuk perkotaan atau aktivitas sehari-hari yang tentu saja membuat stres. Sebaliknya, Anda bisa sendirian kapan saja yang Anda mau dengan berpetualang seorang diri. Ingat, ini adalah perjalanan Anda dan Anda yang membuat peraturan.

Kontra

Bisa Saja Terasa Sepi

rasa kesepian
Sumber : foxnews

Meski bertemu dengan pelancong ataupun orang lokal yang bisa diajak berinteraksi, namun kesepian merupakan sesuatu yang harus dihadapi oleh seorang solo traveler. Tak peduli berapa banyak wanita cantik atau pria tampan di sekeliling Anda, bepergian sendiri dapat merasa sangat kesepian pada waktu-waktu tertentu.

Pertama, jangan menyalahkan diri sendiri bahwa Anda sendirian di belahan dunia lain, justru akan lebih aneh jika Anda tidak merasa kesepian. Ingat bagaimana solo traveling bisa menjadi hal yang bagus untuk menjalin persahabatan dengan orang baru. Jadi, bila Anda mulai merasa kesepian, hubungi teman dan keluarga atau alihkan perhatian Anda dengan cara membaca buku. Ingatkan diri mengapa Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan sendiri dan semua hal positif yang Anda lakukan. Ketahuilah bahwa Anda akan melewati ini dan hal seperti ini akan membuat Anda lebih kuat sebagai pribadi.

Pengeluaran Lebih Mahal

daftar pengeluaran wajib

Dengan tidak adanya partner atau teman untuk berbagai biaya atau share cost, maka solo traveling mengeluarkan biaya yang lebih mahal dibandingkan liburan dengan grup. Makanan, transportasi, dan akomodasi seringkali lebih murah dengan diskon grup. Tapi tentu saja, ini bukan pilihan bagi Anda yang ingin solo traveler. Jika Anda memiliki budget yang tak terlalu besar, cobalah untuk mencicipi makanan lokal yang harganya jauh lebih murah dan menginap di hostel yang lebih terjangkau. Pilih gaya hidup sederhana dan minimalis selama bepergian. Perlakukan itu sebagai tantangan, seberapa murah Anda dapat melakukan ini?

Mengambil Lebih Banyak Selfie

foto selfie
sumber: zopini

Bepergian sendiri sering membuat Anda tidak punya pilihan lain selain selfie. Ketika Anda sendirian dan ingin difoto, selfie pun jadi satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan. Ketika semua orang di sekitar Anda memiliki teman dan mitra untuk mengambil foto, selfie terkadang bisa membuat seseorang menjadi sedih karena hasil foto yang tak memuaskan

Namun, hal ini jangan dijadikan alasan utama untuk tidak meminta seseorang untuk mengambil foto Anda, memulai percakapan dengan orang asing lain, dan semoga saja dapat mengurangi perasaan kesepian.

Masalah Keamanan

korban pelecehan seksual
sumber: okezone

Ada kasus-kasus yang mengerikan, para pelancong solo yang mengalami kesialan karena terjebak dalam suatu ‘nasib sial’. Jadi, sehat dan aman secara fisik dan juga mental harus menjadi prioritas mutlak bagi setiap wisatawan, terlebih mereka yang melakukan perjalanan sendiri.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari nasib sial selama solo traveling adalah lakukan penelitian terhadap daerah yang ingin dikunjungi dan berbicara dengan penduduk setempat untuk mengetahui bagian-bagian kota untuk dihindari. Selain itu, Anda juga bisa ulasan dari travel blogger di website untuk mengetahui pengalaman mereka dan menambah pengalaman dan informasi sebelum benar-benar menginjakkan kaki di destinasi tujuan.

Setelah melihat pro dan kontra solo traveling, apakah Anda semakin yakin untuk melakukan perjalanan liburan ini? Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here