Barista, Profesi yang Membuka Peluang Karier Entrepreuner Menjanjikan

Konsumsi kopi meningkat, kedai kopi menjamur, profesi barista makin populer. Pola hidup masyarakat urban saat ini yang menggilai kopi memang mendorong pertumbuhan kedai kopi. Artinya, kebutuhan akan profesi barista pun meningkat. Tapi, seberapa menjanjikan profesi barista?

Sebelum mengulik peluang karier barista, tahukah kamu apa itu barista? Yuk, kupas dulu apa itu kata “barista”. 

“Barista” diambil dari bahasa Italia, yaitu “bar”, sebutan untuk kedai, dan “ista” merupakan kata akhiran yang kemudian mengartikan “barista” sebagai orang yang bekerja di kedai.

Penyebutan “barista” untuk pelayan bar diterapkan pertama kali pada 1938 seiring kesuksesan pergerakan fasis oleh Benito Mussolini. Sebelumnya, pelayan bar disebut “barman” dalam bahasa Inggris. Namun, kampanye nasionalis yang digaungkan Mussolini mengikis istilah-istilah yang berbau asing.

Sebagai pelayan bar, jelas barista bertugas menyiapkan kopi, baik yang diolah dengan mesin maupun manual. Namun, jangan kamu kira barista sekadar meracik kopi saja. Peran barista vital dalam semua pergerakan bisnis di bar.  

Direktur Pigeonhole Coffee, Rifqi Rianputra, menjelaskan barista harus mampu meracik jenis minuman lainnya. Selain itu, ia juga mengatakan perjalanan karier seorang barista biasanya diawal dengan tahap mencuci gelas kotor dan menerima order pelanggan.

Baca Juga: Selain Kualitas Kopi, Ini Lho Resep Bisnis Sukses Pigeonhole Coffee

Culture setiap outlet memang berbeda, tapi biasanya barista harus bisa dishwashing, bikin minuman non-coffee, ajak ngobrol customer. Ada outlet yang sebelum dipercayakan bikin coffee, barista harus bisa menerima order di belakang kasir,” ujar Rifqi kepada Job-Like Magazine.

“Dulu imej barista adalah rockstar di F&B, tahu kan imej rockstar seperti apa, maunya terlihat kerennya saja. Karena itu attitude seorang barista sangat penting, ia harus mau start dari bawah.”

Barista Membuka Karier Entrepreuner yang Menjanjikan

Meski harus melewati tahap terbawah sebagai pencuci gelas atau membersihkan meja, bukan berarti barista profesi yang bisa dipandang sebelah mata. Sebaliknya, rentetan penghargaan kelas dunia dan peluang bisnis menjanjikan bisa diraih oleh barista.

Sudah ada banyak kompetisi di industri kopi yang bertaraf dunia. Di Indonesia sendiri ada Indonesian Coffee Event yang mempertandingkan empat kategori, yakni Barista Championship, Indonesia Brewers Cup, Indonesian Latte Art Championship, dan Indonesian Cup Taster Championship.

Pemenang Indonesian Coffee Event akan dikirim sebagai perwakilan kompetisi tingkat dunia. Nah, kesempatan mentas di mata dunia akan membuka networking bisnis baru.

“Barista profesi yang menjanjikan karena everyone need coffee, kedai buka terus. Dan nggak harus menjadi barista selamanya karena dari barista bisa ikut kompetisi. Di sana ada sesi sharing, network pun terbentuk,” bilang Rifqi.

“Dengan networking bisa buka bisnis baru sendiri, buka channel dagang baru dengan negara lain. Mungkin ada yang orang luar yang mau beli kopi Indonesia. Kompetisi bisa jadi tempat untuk membuka jalan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here