Mampu Berbahasa Inggris? Selain Pengajar, Profesi Ini Juga Bisa Ditekuni

Selain kemampuan di bidang teknologi, saat ini kemampuan berbahasa Inggris semakin diperlukan. Bukan hanya untuk berkomunikasi saja, namun juga sebagai bekal melamar pekerjaan. Karena semakin banyak saja posisi pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris.

Tapi, seseorang yang punya kemampuan berbahasa inggris dengan baik seringkali diidentikkan dengan profesi pengajar. Padahal, masih banyak profesi lain yang juga membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris.

Apa saja sih pekerjaan atau profesi yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris?

Profesi Ini Juga Membutuhkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Kamu tidak harus menjadi pengajar kalau mampu berbahasa Inggris. Beberapa posisi pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Copywriter

Copywriter bertanggung jawab menyampaikan pesan atau informasi dalam bentuk tulisan di berbagai media. Pesan atau informasi ini umumnya berupa ajakan untuk membeli produk atau jasa.

Social Media Coordinator

Social media coordinator bertugas menyampaikan pesan atau informasi dalam bentuk tulisan di berbagai platform media sosial. Pesan atau informasi ini umumnya berupa ajakan untuk membeli produk atau jasa.

Public Relation Officer

Public relation officer bertugas menyampaikan informasi dari perusahaan pada konsumen, pemerintah dan masyarakat sekitar. Baik dalam bentuk verbal dan tulisan.

Editor

Seorang editor tidak hanya bertugas mengedit atau melakukan proofreading pada materi tulisan. Lebih dari itu ia juga menjalin hubungan dengan penulis dan kolega perusahaan.

Diplomat

Diplomat umumnya bekerja di kedutaan. Profesi ini menuntut adanya interaksi dan komunikasi dengan staf diplomat lain dari negara sahabat.

Baca Juga: CV Berbahasa Inggris: Benarkah Jauh Lebih Baik untuk Melamar Kerja?

Mengembangkan Kemampuan Tambahan

Selain menjadi bekal untuk melamar pekerjaan, dengan mampu berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, kamu juga membuka kesempatan untuk mengembangkan beberapa kemampuan tambahan. Di antaranya:

Riset

Kemampuan berbahasa asing mendorongmu untuk mengembangkan kemampuan melakukan riset. Kamu juga belajar melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda.

Critical Thinking

Kemampuan berbahasa asing mendorongmu untuk mencari pesan atau informasi tertentu dari penggunaan kata-kata. Kamu juga bisa menganalisa akibat-akibat yang bisa terjadi akibat penggunaan kata-kata tersebut.

Presentasi

Dengan sering berkomunikasi dalam bahasa asing, baik lisan maupun tulisan, kemampuan presentasimu akan terasah.

Kemampuan Editing dan Proofreading

Bukan hanya bisa menulis dalam bahasa asing. Lebih dari itu, dengan mempelajari bahasa asing kemampuanmu melakukan editing dan proofreading juga akan berkembang.

Bagi yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris, sekarang kamu punya banyak pilihan profesi untuk berkarier. Sedangkan bagi yang baru akan mempelajari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, kamu juga bisa mengembangkan banyak kemampuan tambahan yang nantinya bisa berguna saat menjalani karier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here