Regal Springs Indonesia Kembangkan Program KAMI PEDULI

Sebagai perusahaan asing yang memiliki izin operasi di Indonesia, Regal Springs Group memiliki kewajiban untuk ikut berpartisipasi bersama pemerintah daerah dalam memajukan perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat di sekitar wilayah operasional.

Hingga kini Regal Springs Indonesia mempekerjakan sekitar 4.200 orang Indonesia, yang terdiri dari 3.600 pekerja di Sumatera Utara dan 600 pekerja di pulau Jawa. Di sekitar wilayah Danau Toba sendiri, Regal Springs Indonesia mempekerjakan 780 karyawan.

Dengan mempekerjakan warga lokal, Regal Springs Indonesia berharap mampu menghidupkan geliat perekonomian warga dan ikut memajukan aktivitas bisnis di sekitar kawasan pembudidayaan ikan Tilapia.

Tahun ini, Regal Springs Indonesia memulai program KAMI PEDULI (We Care) di Indonesia. Program KAMI PEDULI merupakan program budidaya secara berkelanjutan di industri pengembangan ikan Tilapia dan memiliki tujuan yang sama dengan Sustainable Development Goals (SDG’s) yang digaungkan oleh PBB.

Berdasarkan pemaparan Dian Octavia, Senior Community Affairs Manager Regal Springs Indonesia, ada tiga nilai yang menjadi dasar dari penerapan program KAMI PEDULI.

“Tiga nilai yang kami emban untuk menjalankan program KAMI PEDULI ini yaitu berdasarkan kepedulian terhadap lingkungan, kepedulian terhadap komunitas, dan kepedulian untuk memproduksi ikan Tilapia secara alami.”

Senior Community Affairs Manager Regal Springs Indonesia, Dian Octavia (Foto : Kiky.Waode/Job-Like Magazine

KAMI PEDULI Lingkungan

Sebagai bisnis yang bergerak di bidang pembudidayaan ikan air tawar, air tentu menjadi sumber daya vital untuk menghasilkan ikan Tilapia yang aman untuk dikonsumsi. Regal Springs Indonesia menanamkan prinsip zero waste dalam proses budidaya.

“Bisa dipastikan tidak ada bagian dari ikan Tilapia yang kami buang sehingga tidak ikut mencemari lingkungan. Bagian-bagian yang biasanya dibuang, kami coba manfaatkan kembali seperti tulang ikan yang dijadikan pupuk kompos dan dibagikan kepada petani secara gratis, kulit ikan yang diolah kembali untuk obat luka bakar, serta sisik ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik,” jelas Dian.

Selain itu, kondisi perairan tempat pembudidayaan juga amat dijaga. Program pengujian kualitas air danau diawasi secara independen oleh Wageningen University Belanda. Selain itu, air danau yang menjadi tempat budidaya juga telah diuji oleh laboratorium independen berstandar ISO 17025.

KAMI PEDULI Komunitas dan Masyarakat

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat di sekitar lokasi pembudidayaan, program KAMI PEDULI turut memperhatikan aspek-aspek kehidupan sosial masyarakat. Di antaranya peduli terhadap pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur setempat, keasrian danau dan air, serta reboisasi untuk hutan-hutan yang gundul.

“Saya sendiri melihat di sekitar Toba ada sebuah sekolah yang tidak ada gurunya. Kalau ada pun jarang-jarang. Dari sini kami melihat bahwa, pertumbuhan ekonomi seharusnya berjalan beriringan dengan kesejahteraan masyarakatnya. Maka, kami mendukung dengan program-program pendidikan bagi masyarakat sekitar salah satunya,” kata Dian.

Baca Juga: Indofood Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa, Apa Syaratnya?

KAMI PEDULI dalam Produksi Ikan Tilapia

Kedua paparan program KAMI PEDULI di atas, sebenarnya ditujukan untuk mendukung produksi ikan Tilapia yang lebih baik. Dimulai dari proses budidaya secara alami di danau (bukan di kolam), pemberian pakan terapung untuk memaksimalkan penggunaan pakan, serta pengendalian unit operasional yang lebih baik.

“Dari semua program KAMI PEDULI yang kami sudah mulai lakukan, tentu kami berharap program ini dapat berjalan secara berkelanjutan. Yang kami lakukan agar berjalan secara berkelanjutan yaitu kami merangkul seluruh lapisan masyarakat sehingga mereka dapat mentransfer pengetahuan kepada warga lainnya. Jadi, ketika kami sedang tidak ada di sana pun mereka tetap dapat menjalankan program ini dengan baik,” tutup Dian dalam acara peluncuran produk ikan Tilapia untuk pasar Indonesia di Jakarta.

1 COMMENT

  1. Get High-quality study material for your competetive examination which will help you in making your exam easier with short tips and tricks present into this study material/notes. Approx 35,000 students purchased our study material from January 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here