Healthy Life Challenge Kunci Wipro Lahirkan Karyawan Sehat & Produktif

Wipro Unza Indonesia memfasilitasikan karyawan untuk menerapkan pola hidup sehat. (FOTO: dok. Wipro)

Mengapa usia produktif justru rentan dengan penyakit? Pemicu yang paling banyak terjadi adalah pola hidup yang tidak sehat. Coba Anda berkaca pada kebiasaan sehari-hari. Sudahkah Anda berolahraga hari ini? Sudahkah Anda menyadari pentingnya healthy life di tengah menjalani kepadatan aktivitas kerja?

Bila Anda belum memprioritaskan pola hidup sehat, sudah waktunya untuk memerbaiki diri. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu penyakit gangguan pencernaan atau bahkan serangan jantung di usia muda. Ketahuilah beban kerja yang tinggi dan pola makan yang berantakan bisa memicu kenaikan asam lambung. Imbasnya, muncul stres, lalu serangan jantung.

Pasalnya, serangan jantung bukan hanya penyakit turunan, tetapi bisa juga dipicu oleh gaya hidup tidak sehat. Terutama ketika tidak bisa mengontrol stres. Anda yang masih di usia produktif juga harus mewaspadai penyakit osteoporosis akibat sedikit gerak.

Selain pengeroposan tulang, hanya berkutat di belakang meja dengan tumpukan pekerjaan juga bisa menimbulkan depresi lho! Fenomena usia produktif rentan diserang penyakit juga menjadi perhatian khusus Wipro Unza Indonesia.

Nah, untuk melahirkan karyawan sehat yang tetap produktif, Wipro menggaungkan kampanye Healthy Life Challenge. Ini adalah program untuk menumbuhkan kesadaran karyawan akan healthy life style melalui kegiatan olahraga setelah pulang kerja.

Baca Juga: Kebersamaan yang Mampu Tanamkan Visi Jangka Panjang bagi Wiproites

Kampanye Healthy Life Challenge digerakkan Wipro sejak Juni 2019 dengan menyediakan pelbagai kelas olahraga gratis untuk karyawan, seperti body training, yoga dan aerobik. Kampanye ini mendapatkan respon positif dari para karyawan dengan aktif mengikuti kelas-kelas favoritnya setelah jam kerja. 

Para pemenang Healthy Life Challenge Wipro Unza Indonesia bersama Amit Dawn, Chief Executive Wipro Unza Indonesia (kiri). (FOTO: dok. Wipro Unza Indonesia)

Menariknya, untuk memacu semangat perubahan gaya hidup yang lebih sehat, Wipro juga memberikan reward berupa prize money kepada tiga karyawan yang paling aktif berolahraga. Total Rp6 juta diberikan manajemen sebagai penghargaan atas partisipasi karyawan dalam menerapkan gaya hidup sehat kurun enam bulan. 

Reward ini tak hanya diberikan atas dasar presensi karyawan mengikuti kelas-kelas yang disediakan, tetapi juga berdasarkan dua indikator lainnya. Yaitu, pencapaian body mass index (BMI) dan konsistensi latihan karyawan. Harapannya, fasilitas olahraga yang diberikan manajemen akan membentuk kebiasaan baik untuk karyawan dalam menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. 

“Healthy Life Challenge diadakan untuk mengubah hidup seseorang, yang biasanya nggak pernah olahraga, manajemen memfasilitasikan ruangan gym gratis. Kami ingin membangun kesadaran untuk hidup sehat. Dan ditambah lagi, ada bonus, hadiah,” bilang Fadhila Ovi, Sekretaris Wipro Unza Indonesia.

“Selain itu, kami juga ingin melihat komitmen karyawan. Siapa saja yang rutin dan berkomitmen untuk hidup sehat. Menariknya, para manajer yang sudah sibuk dengan pekerjaannya justru masih menyempatkan diri untuk berpartisipasi. Mereka antusias. Meski memikul beban kerja, mereka juga butuh hidup yang seimbang,” lanjut Ovi.

Healthy Life Challenge Turut Meningkatkan Employee Engagement

Employee engagement Wipro Unza Indonesia melalui kegiatan olahraga. (FOTO: dok. Wipro)

Kampanye Healthy Life Challenge yang telah berjalan delapan bulan ini cukup berhasil diterapkan oleh Wipro. Alhasil, untuk lebih meningkatkan antusiasme karyawan menjalani pola hidup sehat, sejak Januari silam, Wipro menawarkan lebih banyak variasi kelas olahraga, yaitu body training, zumba, poundfit, muay thai dan yoga. Sehingga karyawan memiliki lebih banyak pilihan jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan preferensinya.

“Program ini menyenangkan sekali. Keseharian di kantor jadi nggak monoton, hanya kerja lalu pulang. Terlebih ada banyak pilihan olahraganya. Saya pernah ikut kelas yoga, tapi kebetulan saya lebih suka olahraga yang banyak gerak seperti aerobik dan sekarang saya coba poundfit. Dan sejak rutin olahraga, terasa sekali badan jadi lebih fit. Selain itu, jadi lebih kenal dengan rekan dari divisi lain juga,” ujar Lisbeth Erika, Finance Wipro Unza Indonesia. 

Kampanye Healthy Life Challenge memang tak hanya memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menerapkan hidup sehat, tetapi juga mempererat employee engagement. Pasalnya, kelas olahraga yang diadakan bisa diikuti oleh semua karyawan tanpa batasan jabatan. Bahkan, Amit Dawn, selaku Chief Executive Wipro Unza Indonesia, rutin mengikuti kelas olahraga.

Baca Juga: Prioritaskan Karyawan, Wipro Unza Indonesia Raih HR Asia Award 2019

Partisipasi para C-level dalam berolahraga menunjukkan tingginya komitmen Wipro untuk melahirkan karyawan yang sehat. Komitmen ini juga dihamparkan Wipro melalui program kesehatan lainnya, seperti Health Talk yang menggandeng beberapa rumah sakit. Dalam Health Talk, Wipro mengedukasi karyawan melalui topik seputar kesehatan yang bisa dilakukan ketika sedang bekerja.

“Wipro berkomitmen untuk menciptakan suasana kerja yang sehat. Untuk itu kami juga bekerja sama dengan dokter dan rumah sakit untuk membahas topik seperti gizi dan penyebab-penyebab penyakit orang bekerja. Karena orang yang produktif tetap memiliki kemungkinan terkena penyakit,” tutur Ovi.

“Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat, kami juga memiliki program body treatment untuk karyawan yang tengah berulangtahun. Pada hari ulangtahun, karyawan bisa memilih untuk mendapatkan perawatan body massage atau medicure dan pedicure. Selain sebagai apresiasi, perawatan ini juga akan menyegarkan fisik dan pikiran karyawan sehingga bisa kembali produktif,” jelasnya.

Karyawan yang sehat pasti akan melahirkan karyawan yang produktif. Mau kerja produktif dan sehat bersama Wipro?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here