Selain Orientasi, Lakukan Ini agar Karyawan Baru Mudah Beradaptasi

Setiap perusahaan biasanya memiliki program orientasi untuk karyawan baru. Namun, selain orientasi, tidak ada salahnya perusahaan menjalin kedekatan dan keakraban lebih jauh dengan para karyawan barunya.

Kedekatan dan keakraban diperlukan agar karyawan baru merasa benar-benar menjadi bagian dari perusahaan. Hal ini penting untuk menjaga tingkat retensi karyawan.

Selain menyambut kedatangannya, perusahaan juga bisa memperkenalkan karyawan baru pada situasi dan kondisi kerja, sebelum benar-benar bekerja. Ini diperlukan agar produktivitas dan keterlibatan karyawan dalam pekerjaan bisa meningkat.

Nah, rekruter, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar karyawan baru bisa segera merasa menjadi bagian dari perusahaan.

Menyambut Karyawan dengan Tangan Terbuka

Hal-hal yang sepele bisa membuat karyawan merasa merasa diterima di perusahaan. Yaitu,

  • Sambutlah dengan ramah agar karyawan baru tidak segan memperkenalkan diri mereka;
  • Persiapkan meja kerja kerja sedemikian rupa sehingga karyawan baru merasa diterima dengan tangan terbuka. Lakukan ini sebelum karyawan baru benar-benar bekerja; dan
  • Tugaskan karyawan lama untuk membimbing karyawan baru selama beberapa minggu. Sehingga karyawan baru tidak merasa kikuk mengerjakan tugas-tugas barunya.

Baca Juga: Jangan Kesal Menghadapi Job Shadowing Karyawan Baru

Perkenalkan Kebiasaan dan Aturan di Perusahaan

Agar hubungan atasan-bawahan atau antarrekan kerja bisa cair, kamu bisa memperkenalkan kebiasaan dan aturan perusahaan kepada karyawan baru. Caranya:

  • Tempatkan aturan perusahaan di tempat-tempat terbuka agar karyawan baru bisa membaca dan memahaminya;
  • Informasikan benefit apa saja yang bisa diterima karyawan baru selama mereka bekerja; dan
  • Informasikan kegiatan sosial apa saja yang bisa diikuti oleh karyawan baru.

Mengurangi Tingkat Stres Karyawan Baru

Karyawan baru bisa saja mengalami stres di awal masa kerjanya. Pasalnya, mereka dituntut untuk segera beradaptasi dengan situasi dan kondisi kerja perusahaan. Sementara, informasi yang dimiliki masih terbatas. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi stres yang bisa dialami karyawan baru?

  • Berikan waktu untuk mendapatkan dan memahami informasi yang baru didapatkan;
  • Berikan waktu untuk melakukan follow-up selama beberapa minggu;
  • Berikan tugas ringan yang bisa diselesaikan dengan cepat dan efisien; dan
  • Berikan kesempatan untuk bertanya atau bersosialisasi dengan rekan kerja.

Jangan lupa, agar program orientasi karyawan baru bisa efektif, kamu juga harus menerapkan beberapa tips di atas dengan cara yang fun. Sehingga karyawan selalu mau melibatkan dirinya dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Mengingat, tingkat keterlibatan yang tinggi akan meningkatkan kolaborasi dan produktivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here