Program Vokasi Ajak Kamu Belajar Programmer Gratis di Binar Academy

Program Vokasi BPJAMSOSTEK solusi mengatasi pengangguran di Indonesia. (FOTO: Job-Like Magazine)

BPJAMSOSTEK mengandeng Binar Academy untuk memberikan pelatihan bagi para tenaga kerja yang ter-PHK agar memiliki keahlian baru di bidang teknologi. Upaya dalam program vokasi BPJAMSOSTEK ini memang dikhususkan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang ahli dalam teknologi. Sehingga SDM Indonesia mampu bersaing dalam kecepatan revolusi industri 4.0.

Maklum, Indonesia dinilai belum siap dalam menghadapi industri 4.0. Penyebabnya, belum meratanya SDM yang memiliki skill handal di bidang teknologi. Oleh karena itu, program vokasi BPJAMSOSTEK ini menjadi jalan bagi para tenaga kerja ter-PHK untuk menyesuaikan skill dengan kebutuhan industri sekarang ini.

Kolaborasi BPJAMSOSTEK dengan Binar Academy di program vokasi ini telah berjalan dua kali. Batch I digelar pada 28 Oktober hingga 29 November. Total 16 peserta yang telah lolos tes logika, mengikuti kelas programmer, seperti Full Stack Developer dan UI/UX.

Sementara itu, batch II untuk kelas Full Stack Developer dan UI/UX berlangsung pada 18 November hingga 10 Desember dengan jumlah peserta 10 orang. Dibukanya kelas Full Stack Developer dan UI/UX tak terlepas dari kebutuhan pasar yang tinggi akan tenaga ahli di kedua sektor ini.

Baca Juga: Bebas Nganggur Mulai dari Sekarang! Ikuti Pelatihan Gratis Lewat Vokasi

Seberapa Besar Peran Full Stack Developer dan UI/UX di Era Industri 4.0?

BPJAMSOSTEK menggandeng Binar Academy untuk menyediakan pelatihan Full Stack Developer & UI/UX. (FOTO: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Yuk, kenalan dulu dengan Full Stack Developer, yaitu tenaga ahli yang bertanggung jawab membangun web dari proses awal hingga akhir, atau istilahnya front end dan back end

Lebih jelasnya lagi, front end mendefinisikan bagian web yang bisa dilihat oleh mata, seperti tampilan depan web. Sementara itu, back end adalah bagian yang tidak bisa dilihat oleh mata, misalnya proses pengunggahan foto. 

Untuk menjadi tenaga kerja di bidang Full Stack Developer ataupun UI/UX, peserta vokasi BPJAMSOSTEK memiliki waktu belajar sebanyak 20 kali pertemuan. Meski tenggat waktu ini tidak bisa menjadikan mereka sebagai ahlinya, namun pelatihan di Binar Academy cukup untuk memperkenalkan industri teknologi. 

“Waktu 20 hari cukup untuk mempelajari basic knowledge sebagai Full Stack Developer dan UI/UX. Kedua bidang ini paling diminati di industri kerja saat ini. Bila mereka kamu perpanjang hingga 40 hari, mereka bisa membuat aplikasi sendiri,” bilang Farhan Fiyoga, Business Development Binar Academy.

“Apakah susah belajar sebagai Full Stack Developer dan UI/UX? Para murid kami tidak semuanya memiliki latar belakang IT. Ada peserta yang tadinya bekerja di bengkel dan kasir minimarket. Ini sangat menantang bagi mereka, tapi mereka sangat giat karena vokasi ini menjadi jalan keluar untuk nantinya menghidupi keluarga mereka,” tuturnya.

Program vokasi BPJAMSOSTEK memang tidak terbatas untuk tenaga kerja berlatar belakang profesi tertentu. Semua warga negara Indonesia berhak mengikuti program vokasi BPJAMSOSTEK, asal memenuhi persyaratan dasar.

Misalnya, peserta telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK dengan masa iuran minimal 12 bulan, tengah ter-PHK minimal sebulan dan maksimal 24 bulan. Selain itu, upah yang dilaporkan saat bekerja minimal UMK terendah di Indonesia, dan usia maksimal 40 tahun. Kerennya lagi, vokasi ini tidak dipungut biaya alias gratis!

Baca Juga: Program Vokasi Solusi Masa Depan 7 Juta Pengangguran di Indonesia

Setiap peserta vokasi BPJAMSOSTEK mendapatkan uang saku Rp100 ribu per pertemuan dan sertifikat keahlian. (FOTO: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Selain mendapatkan pelatihan di sektor-sektor yang tengah dibutuhkan saat ini, peserta vokasi BPJAMSOSTEK juga mendapatkan uang saku dan uang transport setiap pertemuannya.

Untuk durasi pelatihan disesuaikan dengan tingkat kesulitan skill. Semisal, bila pelatihan Full Stack Developer membutuhkan waktu pelatihan 20 hari, lain halnya untuk pelatihan menjadi Front Office yang cukup dilakukan dalam lima hari.

Setelah masa pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat untuk dilampirkan pada proses interview kerja berikutnya. BPJAMSOSTEK dan lembaga pelatihan kerja yang terlibat pun tetap aktif membantu peserta untuk menemukan tempat bekerja baru.

Binar Academy sendiri menyalurkan para alumninya ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi. Sejak didirikan pada 2017, Binar Academy telah melahirkan 500 alumni. Para alumninya bekerja pada perusahaan perbankan dan asuransi yang membutuhkan banyak talent digital.

Gimana, kamu juga mau belajar programmer bersama vokasi BPJAMSOSTEK? Buruan daftarkan diri kamu dengan klik tombol di bawah ini.

Daftar di Sini!

17 COMMENTS

  1. saya sudah login, dan saya mau daftar, tetapi ada notif masa iuran kurang dari 12 bulan. tidak bisa ikut ya?

  2. Kenapa susah login ya
    Saya sering dapat email kayak ni tapi saya coba login ngga bisa” tolong dibantu admin

  3. kenapa saya susah untuk login ya???
    saya sering mendapatkan email seperti ini tapi pas saya daftar kq loginnya tidak bisa ??? tolong dibantu gimana caranya bisa login, trims

  4. Saya udah login. Terus katanya aku gk ikut jht cuma jkk dan jkm. Selanjutnya gmnaa dong. Mohon pencerahannya min.

  5. Saya login infonya email tidak terdaftar , saya isi daftar pengguna tapi segmennya saya ga tau hrs isi apa?

  6. Kenapa susah login ya
    Saya sering dapat email kayak ni tapi saya coba login ngga bisa” tolong dibantu admin

  7. Saya tertarik dengan program ini, siap untuk daftar. Semoga bisa membantu untuk berkarya untuk meraih masa masa depan.

  8. saya sudah login, dan saya mau daftar, tetapi ada notif masa iuran kurang dari 12 bulan. tidak bisa ikut ya?dan tolong pencerahan serta solusinya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here