Promosi tanpa Kenaikan Gaji? Jangan Terima Kecuali dalam 3 Situasi Ini

tanpa kenaikan gaji
Sumber : slate

Apakah ada sebuah kesempatan yang sangat Anda damba-dambakan menghampiri Anda, hanya saja gajinya tidak  sesuai dengan ekspektasi Anda? Setiap orang percaya bahwa kenaikan jabatan akan selalu diiringi dengan kenaikan gaji. Namun, ternyata ini tidak selalu demikian. Anda beberapa kasus “istimewa” atau “tidak biasa” dimana kenaikan jabatan bisa saja terjadi tanpa kenaikan gaji. Apakah ini adil? Tentu saja kemungkinan besar tidak. Apakah Anda harus menerimanya?

Dalam sebagian besar kasus, kenaikan gaji selalu diiringi dengan tanggung jawab yang bertambah. Oleh karena itu, selayaknyalah Anda hanya menerima jika kenaikan gaji juga mengikuti. Namun, ada beberapa kasus dimana promosi tanpa kenaikan gaji bisa merupakan pilihan untuk diambil, seperti ini contoh-contohnya yang langka.

3 saat Anda Bisa Mempertimbangkan Menerima Kenaikan Jabatan tanpa Kenaikan Gaji

Promosi Itu Membantu Anda Menuju Apa yang Anda Inginkan

berpindah
sumber: kerjayuk

Kadang-kadang, apa yang Anda inginkan ketika masih muda ternyata tidak sama dengan apa yang Anda inginkan di kemudian hari. Misalnya, Anda bisa saja dulu bermimpi bekerja di bidang marketing tetapi kemudian mendapati bahwa setelah bekerja di bidang itu, Anda ternyata lebih tertarik pada bidang operasional. Kenaikan jabatan yang bisa mengantarkan Anda ke bidang yang lebih cocok dengan ketertarikan Anda, atau ke sebuah posisi yang bisa berperan sebagai batu loncatan ke industri yang Anda inginkan, bisa jadi alternatif yang baik meskipun tanpa kenaikan gaji mengiringi. Mengapa? Karena jika Anda harus pindah karir dari awal, Anda kemungkinan malah akan mengalami penurunan gaji karena Anda tak memiliki pengalaman. Dengan menerima promosi itu, Anda bisa beralih karir secara organik.

Baca Juga: Dipromosikan? Jangan Sampai Membuat Berbagai Kesalahan Setelah Naik Jabatan Berikut

Pada kasus lain, jika kenaikan jabatan itu bisa memindahkan Anda dari lingkungan kerja yang tidak ideal, meski tanpa kenaikan gaji, maka Anda juga bisa menerimanya. Lingkungan kerja yang sangat tidak sehat bisa membuat kesehatan mental Anda menurun atau bahkan Anda jatuh sakit karena stres. Pastikan saja bahwa Anda yakin posisi baru tersebut benar-benar bisa menyelamatkan Anda, dan bukan hanya terlihat menarik hanya  karena Anda tak sabar ingin keluar.

Bisa Memfasilitasi Anda Menggunakan Keahlian Anda Lebih Baik

Bahkan seandainya promosi tidak bermakna perubahan karir sepenuhnya, sebuah kesempatan untuk meningkatkan dan menyuburkan keahlian dan keterampilan yang Anda miliki adalah sebuah kesempatan yang baik, meski tanpa kenaikan gaji. Jika Anda merasa terjebak pada pekerjaan Anda yang sekarang dengan skill yang itu-itu saja dan membosankan, misalnya, sebagai penulis pada salah satu bidang selama bertahun-tahun, dan Anda mendapat tawaran naik jabatan menjadi editor, maka  kesempatan ini akan membolehkan Anda mengasah visi, kemampuan mengelola, dan pola pikir lebih besar yang akan berguna bagi Anda secara jangka panjang.

Identifikasi apa yang kurang di pekerjaan Anda. Jika ini bisa Anda dapatkan di jabatan baru Anda, tanpa harus meminta Anda mengorbankan jauh lebih banyak waktu, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menerimanya.

Ada Tunjangan atau Fasilitas Lain

sumber: cnn

Kenaikan jabatan tanpa kenaikan gaji juga Anda terima jika di masa depan ada kesempatan untuk menggunakan promosi itu untuk mendapatkan gaji yang lebih besar. Misalnya, seandainya review performa dan kenaikan gaji tahunan diadakan bulan Juli dan bulan Januari Anda ditawari kenaikan jabatan. Ini bisa membantu Anda untuk memperbesar kesempatan naik gaji.

Selain itu, fasilitas non-keuangan juga bisa Anda pertimbangkan jika sangat menguntungkan. Misalnya, posisi baru itu membuat Anda fokus pada proyek-proyek yang Anda inginkan saja, memberi Anda kesempatan menghadiri lebih banyak konferensi dan pelatihan, atau diiringi lebih banyak waktu fleksibel. Ini bisa Anda anggap sebuah kemenangan.

Pada akhirnya, sangat krusial mengenali seberapa besar nilai Anda dan mengkomunikasikannya. Jika Anda merasa bahwa kenaikan jabatan tanpa kenaikan gaji tersebut memberikan Anda keuntungan yang setimpal, maka Anda bisa mengambil kesempatan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here