Begini Caranya agar Proses Onboarding Perusahaan Berlangsung Lancar

proses onboarding perusahaan
Sumber : The Galleria

Karyawan baru pasti membutuhkan proses adaptasi untuk memaksimalkan produktivitas kerjanya. Itulah sebabnya semua perusahaan wajib memastikan penyelenggaraan proses onboarding berlangsung lancar. Sehingga karyawan baru bisa segera menyesuaikan diri dan mendukung kinerja tim.

Sayangnya, belum banyak perusahaan yang memperhatikan proses onboarding secara cermat.

Padahal, efektivitas proses onboarding akan meningkat bila perusahaan melakukan beberapa cara ini:

Durasi Onboarding yang Tepat

Sumber : Kap Test

Biasanya durasi onboarding ditentukan berdasarkan kebijakan masing-masing perusahaan. Sebaiknya proses onboarding dilakukan minimal satu atau dua minggu. Supaya karyawan baru tidak terlalu kaget ketika beradaptasi dengan kondisi perusahaan. Dalam kurun waktu tersebut, karyawan baru akan mulai mengenal rekan-rekan satu tim dan ritme kerja yang harus dijalani.

Baca Juga: Perusahaan-Perusahaan Indonesia Kesulitan Mencari Tenaga Kerja

Menghadirkan Suasana yang Menyenangkan

Sumber : Sign Up Genius

Karyawan baru akan merasa betah dan lekas menyesuaikan diri bila berada dalam proses onboarding yang menyenangkan. Jadi, usahakan agar proses tersebut berlangsung secara menarik. Daripada menyiapkan materi pekerjaan yang terkesan berat, alangkah lebih baik bila perusahaan mengemasnya secara interaktif. Training yang diselingi dengan games dan diskusi pasti membuat karyawan lebih mudah menguasai job description-nya.

Melibatkan Banyak Pihak di Perusahaan

Sumber : Wave Apps

Seorang karyawan baru tidak hanya bertanggung jawab dalam tim kerjanya, melainkan juga harus mampu berkoordinasi dengan pihak lainnya. Itulah sebabnya proses onboarding harus melibatkan banyak pihak di perusahaan. Mulai dari tim produksi, divsi HRD, hingga tim marketing. Proses adaptasi tersebut juga harus menjadi kesempatan bagi karyawan baru untuk mengenal staf-staf di perusahaan. Sehingga hubungan kerja di kemudian hari tidak terasa canggung.

Beban Kerja yang Tidak Terlalu Berat pada Tahap Awal

Sumber : Edexec

Saat masih beradaptasi dengan pekerjaan baru, seorang karyawan akan merasa kewalahan dengan beban kerja yang berlebihan. Oleh sebab itu, pemberian beban kerja harus dilakukan secara bertahap dalam proses onboarding. Jika karyawan baru sudah merasa siap, pasti karyawan tersebut mampu menyelesaikan beban kerja yang lebih besar. Pemberian beban kerja secara bertahap akan turut mempengaruhi kondisi kenyamanan kerja yang dirasakan sang karyawan baru.

Seiring dengan perkembangan zaman, proses onboarding di suatu perusahaan tentu harus diperbaiki secara berkesinambungan. Perusahaan modern yang terus berkembang pasti memperhatikan kenyamanan dan kemampuan beradaptasi para karyawannya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini