Ini Tahapan Proses Rekrutmen di Traveloka untuk Staf Operasional

Proses Rekrutmen di Traveloka
Sumber : pinterest

Traveloka merupakan satu dari banyak perusahaan start-up di Indonesia yang memiliki perkembangan cukup pesat. Berdiri pada tahun 2012, Traveloka menjadi salah satu online travel agent terbesar di Indonesia saat ini. Dengan ekspansi yang terus dilakukan, Traveloka terus mencari lebih banyak tenaga kerja yang ahli dalam bidangnya. Lowongan sebagai staf operasional bisa menjadi pilihan karir yang menarik di Traveloka. Lowongan ini merupakan salah satu yang paling banyak dibuka, selain itu menawarkan opsi karir dan gaji yang menarik. Lalu, apa saja tahapan proses rekrutmen di Traveloka untuk posisi staf operasional?  Berikut tahapan-tahapannya.

Proses Rekrutmen di Traveloka Sebagai Staf Operasional

Mengirim Lamaran

Sebagian besar proses rekrutmen di Traveloka menggunakan sistem pendaftaran online. Anda dapat membuka situs resmi Traveloka dan melihat lowongan yang sedang dibuka saat itu. Setelah itu, Anda langsung dapat mengirimkan lamaran lewat email. Jangan lupa cantumkan semua data diri secara lengkap mulai dr CV, surat lamaran kerja, foto diri, dan fotokopi KTP. Anda juga dapat mengirim lamaran dengan cara lain seperti mendatangi langsung kantor Traveloka ataupun lewat job fair.

Seleksi

Pada tahap ini, perusahaan akan melakukan seleksi terhadap seluruh lamaran yang telah masuk. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu. Seleksi dilakukan berdasarkan kualifikasi, pengalaman, dan lamaran kerja yang dinilai bagus. Jadi pastikan Anda mengirimkan semua dokumen secara lengkap serta mencamtukan seluruh detail yang diperlukan. Apabila lolos seleksi, Anda akan diundang untuk proses interview melalui telepon atau email.

Interview HRD

Tahap interview dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah interview dengan HRD. Jenis pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD Traveloka secara garis besar sama dengan perusahaan-perusahaan lain seperti latar belakang dan pengalaman kerja. Setelah itu, Anda akan diberikan satu studi kasus dari kejadian yang sering terjadi di Traveloka. Anda diminta untuk memberikan tanggapan dan penyelesaian untuk kasus tersebut.

Interview User

Nah, ketika lolos pada tahap interview HRD, Anda akan menjalani interview kedua dengan user. Biasanya, interview user juga dilakukan pada hari yang sama, kecuali ada halangan dari user. Interview dengan user juga kurang lebih sama dengan studi kasus yang melibatkan contoh-contoh kejadian yang sering terjadi di Traveloka. Untuk posisi staf operasional, studi kasus yang diberikan pasti berhubungan dengan cara pelayanan yang terbaik kepada pax atau pelanggan. Tipsnya, jawablah setiap pertanyaan dengan percaya diri dan tidak bertele-tele untuk meyakinkan si pewawancara.

Tes Bahasa Inggris dan Medical Check-Up

Ketika Anda dinyatakan lolos interview user, maka Anda akan menjalani dua proses terakhir. Tes bahasa Inggris dan medical check-up adalah tahapan akhir dari proses rekrutmen di Traveloka. Dua tes ini diadakan di hari yang bersamaan. Anda tidak perlu khawatir apabila tidak terlalu menguasai bahasa Inggris karena tes yang diberikan adalah bahasa Inggris dasar. Tes bahasa Inggris terbagi menjadi dua, yakni tes tertulis dan percakapan. Tes kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kebugaran badan Anda. Traveloka merupakan perusahaan yang buka selama 24 jam sehingga ada kemungkinan untuk memiliki jam kerja di malam hari, terutama pria. Anda tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki riwayat penyakit berat atau kronis.

Ketika Anda lolos dalam tahapan terakhir ini, maka Anda secara resmi akan diberikan tawaran untuk bekerja di Traveloka.