Saatnya Perusahaan Bersiap Melakukan Rekrutmen Pasca Lebaran

Momen lebaran memang selalu menghadirkan kesibukan tersendiri bagi perusahaan. Maklum saja, banyak karyawan yang kerap memutuskan untuk resign pasca lebaran setelah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Itu sebabnya, perusahaan mesti bersiap melakukan rekrutmen pasca lebaran untuk menjaring karyawan baru yang berkualitas.

Jangan panik kalau Anda harus bertanggung jawab melakukan rekrutmen pasca lebaran.

Lakukanlah beberapa hal ini untuk mendukung kelancaran proses rekrutmen di perusahaan.

Menyusun Rencana Rekrutmen Sejak Jauh Hari

Biasanya staf Human Resource Department (HRD) sudah mendapatkan informasi sejak jauh hari tentang karyawan yang akan resign. Bila Anda sudah mengetahui kabar tersebut, susunlah rencana rekrutmen lebih awal. Buat daftar posisi pekerjaan yang membutuhkan karyawan baru. Sehingga Anda tidak perlu terburu-buru menyusun perencanaannya menjelang libur lebaran. Jangan lupa menyiapkan hal lainnya seperti tes untuk calon karyawan, daftar pertanyaan wawancara, dan hal-hal teknis lainnya.

Menyiapkan Iklan Lowongan Kerja

Anda juga tak boleh lupa menyiapkan iklan lowongan kerja untuk proses rekrutmen pasca lebaran. Buatlah iklan lowongan kerja yang memuat informasi secara jelas dan menarik. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan iklan tersebut. Selain LinkedIn, Facebook dan Instagram juga tak kalah efektif untuk memasang iklan lowongan kerja. Sebab banyak orang yang mengakses media sosial tersebut dengan tujuan mencari lowongan pekerjaan. Anda juga bisa memasang iklan di portal lowongan kerja untuk mempercepat proses rekrutmen.

Menghubungi Kandidat yang Pernah Gagal

Sebaiknya Anda tak buru-buru menyingkirkan informasi tentang kandidat karyawan yang pernah gagal. Mungkin saja ada kandidat yang berbakat dan sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang sedang Anda cari. Jadi, simpanlah kontak beberapa kandidat karyawan yang potensial. Nanti Anda bisa melewatkan beberapa tahapan tes karena Anda sudah mengenal kualitas dan karakter sang kandidat. Siapa tahu Anda lekas menemukan kandidat karyawan yang siap bekerja setelah lebaran.

Baca Juga: Profil Anda Lolos Kualifikasi, tapi Selalu Ditolak pada Proses Interview?

Melakukan Proses Rekrutmen secara Cepat

Tak seperti proses rekrutmen reguler, sebaiknya rekrutmen pasca lebaran dilakukan secara cepat. Karena kekosongan karyawan pasca lebaran harus lekas diantisipasi. Jangan sampai kekosongan tersebut malah mengganggu proses operasional perusahaan. Idealnya, rekrutmen pasca lebaran dilakukan dalam kurun waktu satu hingga dua minggu saja. Ketelitian selama proses rekrutmen mesti ditingkatkan supaya bisa menjaring kandidat yang benar-benar berkualitas.

Bersiaplah bekerja sama dengan anggota tim baru setelah berhasil melakukan rekrutmen pasca lebaran. Semoga karyawan-karyawan baru bisa menjadi rekan kerja yang solid dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here