Yuk, Kenali Pentingnya Psikologis Warna untuk Logo Bisnis

Brand atau merk yang menjadi lambang dari sebuah bisnis ternyata tidak bisa dibuat asal-asalan, lho. Pasalnya, brand¬†harus diciptakan seunik dan semenarik mungkin agar bisa menjadi daya tarik orang-orang yang melihatnya. Nah, salah satu strateginya dengan metode penggunaan warna. Hal ini juga mengacu pada ilmu psikologis warna yang banyak digunakan pada logo bisnis terkemuka di dunia, salah satunya logo McDonald’s dan KFC (Kentucky Fried Chicken).

Pemahaman Psikologis Warna dari Ahlinya

Sarah Barnnaby, seorang ahli psikologis warna asal New York, Amerika Serikat, menjelaskan beberapa hal yang perlu dipahami dalam penggunaan warna pada sebuah logo. Dalam dunia bisnis, penggunaan warna harus bisa mewakili dan sesuai dengan jenis bisnis yang ditekuni. Dalam hal ini, Sarah mencontohkan perusahaan restoran cepat saji, McDonald’s.

Logo McDonald’s banyak didominasi oleh warna kuning dan merah. Tentu pemilihan warna-warna ini bukanlah tanpa tujuan. Menurut Sarah, warna kuning dan merah memang sangat tepat digunakan untuk logo bisnis yang bergerak di bidang restoran atau makanan. Sebab, kedua warna tersebut secara psikis dan tanpa disadari akan memengaruhi mood untuk makan pada setiap orang-orang yang melihatnya.

Baca Juga: Masih Suka Marah-Marah? Segera Konsumsi Makanan Ini untuk Meredakan Bad Mood!

Secara tidak langsung, warna merah dan kuning akan menjadi magnet agar orang-orang mau datang ke restoran tersebut, meskipun dalam kondisi perut yang tidak terlalu lapar.

Selain McDonald’s, Sarah juga mencontohkan perusahaan mobil mewah asal Eropa, BMW. Logo BMW di dominasi oleh warna hitam sebagai latar belakang logo yang melambangkan keindahan yang elegan. Sehingga tak heran jika warna hitam juga banyak digunakan sebagai latar belakang pada logo kendaraan mewah seperti Lamborghini dan Ferrari.

Dengan fakta-fakta tersebut, jika saat ini kamu juga sedang ingin membangun sebuah bisnis, maka pemilihan warna tentunya harus menjadi pertimbangan yang matang. Kamu bisa mencari tahu di internet seputar warna-warna yang mewakilkan jenis bisnis yang ingin kamu tekuni. Penggunaan warna yang tepat tentunya akan menambah peluang kesuksesan terhadap bisnis yang akan kamu bangun.

Beri komentar Anda tentang artikel ini