5 Alasan Mengapa Anda Harus Punya Pekerjaan Sebelum Menikah

punya pekerjaan sebelum menikah
Sumber : Thought Catalog

Rencana menikah memang merupakan tujuan mulia. Namun, bukan berarti Anda tak perlu fokus kepada hal-hal lain. Sebaiknya Anda sudah punya pekerjaan sebelum menikah. Bahkan, alangkah lebih baik bila Anda sudah berstatus mapan meskipun belum memiliki calon pasangan. Karena hal tersebut sangat penting untuk Anda maupun calon pasangan hidup nanti.

Lima alasan inilah yang membuat Anda harus punya pekerjaan sebelum menikah

Membiayai Pernikahan secara Mandiri

Sumber : Joburg West

Kini, tak sedikit orang yang mengandalkan harta orang tua untuk urusan pernikahan. Hal tersebut bisa terjadi karena belum punya pekerjaan sebelum menikah. Sebaiknya Anda menunjukkan kemandirian dan kedewasaan dengan membiayai pernikahan secara mandiri. Anda tak perlu menyelenggarakan acara pernikahan secara besar-besaran. Sesuaikanlah acara pernikahan dengan keinginan dan budget Anda. Supaya tidak menguras tabungan Anda dan pasangan sampai habis.

Baca Juga: Ini Tantangan yang akan Dihadapi Pasangan Beda Budaya untuk Menikah

Menjaga Kestabilan Kondisi Finansial

Sumber : Catholic Financial Life

Menikah bukan hanya tentang urusan pesta sehari. Lebih dari itu, Anda dan pasangan harus mulai bertanggung jawab terhadap keluarga kecil seumur hidup. Jadi, kondisi finansial yang stabil tentu sangat penting bagi keluarga kecil Anda. Jangan sampai Anda dan pasangan mengalami kesulitan finansial dan membebani orang tua setelah menikah.

Menunjukkan Tanggung Jawab kepada Keluarga Pasangan

Sumber : Her World

Tanggung jawab merupakan hal penting yang wajib Anda tunjukkan bila berencana menikah. Salah satu bentuknya adalah punya pekerjaan sebelum menikah, terutama kalau Anda adalah seorang pria. Memiliki pekerjaan menunjukkan kalau Anda siap membina rumah tangga dengan pasangan. Calon mertua pun tak akan meragukan kesungguhan Anda untuk berumah tangga dalam waktu dekat.

Bisa Tetap Berbakti kepada Orang Tua

Sumber : Navigate NC

Menikah bukan berarti membuat kewajiban Anda untuk berbakti kepada orang tua menjadi selesai. Jika Anda berpenghasilan karena punya pekerjaan sebelum menikah, Anda tetap bisa membaginya untuk kebutuhan orang tua. Meskipun orang tua Anda tidak memintanya, hal tersebut merupakan kewajiban Anda sebagai seorang anak. Orang tua akan bahagia menerima pemberian anaknya tanpa memandang besar kecilnya pemberian tersebut.

Membiasakan Diri untuk Teratur

Sumber : Sky Ranch

Kehidupan di tempat kerja akan mengajarkan Anda untuk menjadi pribadi yang sistematis, bertanggung jawab, dan mudah beradaptasi. Punya pekerjaan sebelum menikah memang bukan cuma perkara memperoleh penghasilan. Lebih dari itu, Anda juga akan belajar mengendalikan ego dan beradaptasi dengan orang lain. Kehidupan bersama pasangan pasca menikah akan lebih mudah dijalani bila Anda sudah belajar beradaptasi dari ranaj lingkungan kerja. Anda akan belajar menghormati pasangan, tak mudah cemburu, dan bersikap rasional dalam membina rumah tangga.

Menikah memang tak harus menunggu mapan dan punya banyak harta. Namun, setidaknya punya pekerjaan sebelum menikah adalah kewajiban tak tertulis yang akan memperlancar kehidupan rumah tangga Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini