insentif non-finansial
Source: engelsizhaberler

Untuk menarik karyawan, sebagai HRD Anda tidak selalu terus menerus menggelontorkan sejumlah besar uang dan berharap ini akan memberikan hasil. Memang, idealnya, setiap karyawan yang bekerja di perusahaan Anda mendapatkan gaji yang sangat layak dan bisa membuat mereka betah. Namun, ada juga berbagai insentif non-finansial yang bisa lebih halus sifatnya dari insentif finansial, tetapi sangat bermanfaat bagi karyawan.

Kita semua tahu bahwa ada beberapa hal yang diinginkan setiap karyawan di perusahaannya: gaji yang bagus, tunjangan, asuransi kesehatan, kemungkinan mendapatkan kenaikan jabatan, dan kemungkinan untuk mengembangkan keahlian. Namun, selain itu, apa saja insentif non-finansial yang bisa membuat para karyawan bahagia, produktif, dan betah berada di perusahaan? Inilah beberapa di antaranya yang bisa Anda tawarkan.

Ini Berbagai Ragam Insentif Non-Finansial Paling Menarik bagi Kandidat

Pilihan Bekerja Secara Fleksibel

Sumber: womansday

Dunia sudah berubah, namun masih banyak perusahaan yang gagal untuk menyesuaikan diri dengan laju perubahan ini. Di hari ini, kombinasi dari teknologi yang canggih dan hasrat untuk memiliki keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi yang semakin meluas jadi mendorong tren kerja yang fleksibel. Dalam pengaturan kerja yang fleksibel, para karyawan bisa bekerja dari rumah selama beberapa hari seminggu, mengganti waktu shift untuk bisa sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, atau cara lain yang menunjukkan bahwa mereka memiliki lebih banyak kendali terhadap kondisi kerja mereka. Meskipun manfaatnya bagi para karyawan sudah jelas, seperti lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, hemat waktu dan ongkos untuk transportasi, dan lain-lain, ternyata ada banyak pula manfaat insentif non-finansial ini bagi perusahaan, misalnya, efisiensi yang semakin meningkat, antusiasme karyawan yang jadi semakin tinggi, dan akhirnya membuat karyawan jadi betah berada di perusahaan.

Baca Juga : Lakukan Kiat-Kiat Ini Jika Ingin Merekrut Pekerja Kreatif yang Berkualitas

Mobil Perusahaan

mengemudi saat puasa
Sumber : Banjarmasin Tribunnews

Menawarkan insentif non-finansial berupa mobil kepada karyawan yang banyak melakukan perjalanan adalah cara yang sangat tepat untuk menunjukkan bahwa Anda peduli. Studi menunjukkan bahwa mobil perusahaan adalah salah satu dari fasilitas perusahaan yang paling populer bagi karyawan. Mobil perusahaan bisa memberikan kesan otonomi dan kemerdekaan kepada karyawan, sekaligus kemewahan dan fasilitas yang terjamin. Dari perspektif praktis, artinya karyawan tidak harus mengkhawatirkan tambahan pengeluaran untuk transportasi dari bulan ke bulan. Ada banyak cara bagi perusahaan untuk menawarkan mobil pada harga yang terjangkau, dan setiap perusahaan harus meriset berbagai opsi yang tersedia untuk menemukan yang paling sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Rancangan Pengembangan Profesional

Insentif non-tunai yang tanpa sadar banyak diincar adalah yang mengarah kepada perkembangan profesional pada akhirnya. Para karyawan ingin merasa bahwa mereka memiliki tujuan di dalam perusahaan tempat mereka bekerja. Mereka ingin peta karir yang jelas di hadapan mereka, termasuk promosi, kesempatan untuk mendapatkan pelatihan, dan berbagai cara lain untuk bisa melaju secara profesional.

Memberikan para karyawan tanggung jawab lebih banyak dan membantu mereka mempelajari keahlian-keahlian baru yang akan memberikan mereka keuntungan di masa depan adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan kepuasan kerja dan mempertahankan staff, dan ini bahkan bisa mengurangi karyawan yang sering keluar.

Hadiah dan Penghargaan Kecil

Hadiah Akhir Tahun Terbaik
Sumber: businessnewsdaily

Kadang-kadang, hal-hal paling kecil bermakna sangat besar. Bahkan, insentif non-tunai yang nampaknya tidak terlalu berharga pun, seperti buah-buahan gratis atau keranjang muffin yang bisa diambil sepuasnya, atau koran harian langganan, dan hal-hal kecil seperti itu, bisa menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka dihargai. Ini tak akan membuat perusahaan bangkrut, tetapi mendemonstrasikan kepada para karyawan bahwa perusahaan menganggap mereka penting dan ingin menyenangkan mereka.

Beri komentar Anda tentang artikel ini