Sehat Seiring Usia Bertambah? Yuk, Konsumsi Makanan Kaya Serat

Sumber : cleaneatingmag

Metabolisme dan kesehatan Anda banyak berubah seiring bertambahnya usia. Itu berarti, gaya hidup dan pola makan harus lebih diperhatikan daripada sebelumnya. Mungkin ada beberapa makanan yang harus Anda kurangi dan beberapa makanan yang harus Anda konsumsi lebih banyak seiring bertambahnya usia. Jangan sampai karena kekurangan nutrisi, tubuh Anda melemah dan tidak seproduktif masa muda dahulu. Ada 6 makanan kaya serat dan nutrisi yang sebaiknya ditambahkan dalam menu sehari-hari, untuk mempertahankan diet seimbang dan meningkatkan kesehatan.

Semakin Bertambahnya Usia, Sering-Sering Makan 6 Makanan Kaya Serat dan Nutrisi Ini

Kacang-Kacangan Dapat Membantu Hidup Lebih Lama

Sumber : foodal

Selain menjadi camilan yang enak, kacang juga bagus karena dipercaya mampu memperpanjang umur kita. Banyak penelitan menyebutkan bahwa orang yang makan kacang cenderung memiliki peningkatan nilai darah yang berguna, seperti kolesterol mereka. Kacang-kacangan juga merupakan makanan kaya serat yang mengandung sumber serat, protein, dan lemak sehat.

Ikan Dapat Membantu Meningkatkan Sistem Tubuh

Sumber : foodnetwork

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Makanan kaya serat ini juga mengandung asam lemak Omega 3 yang berhubungan dengan kesehatan mental lebih baik dan dapat mengurangi risiko penurunan kognitif. Cobalah mulai rutin mengonsumsi olahan ikan, untuk merasakan manfaat kesehatannya.

Telur Merupakan Salah Satu Sumber Nutrisi dan Protein Paling Kaya

Sumber : puntoycoma

Salah satu sumber protein dan nutrisi yang paling mudah Anda temukan ada pada sebuah telur. Protein melindungi tulang dan otot serta meningkaykan fungsi kekebalan tubuh. Kolin yang terkandung di dalamnya membantu lemak hati yang jernih serta biotin yang dibutuhkan untuk energi, kulit, dan kuku.

Telur ayam mengandung vitamin K2 yang bekerja sama dengan vitamin D dan A, untuk mendistribusikan kalsium ke dalam tulang. Mereka mengandung kadar lutein dan zeaxanthin yang lebih tinggi.Keduanya merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi mata terutama dari degenerasi macula, penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

Buah Jeruk Anti-inflamasi dan Antikanker

Sumber : thecookierookie

Kategori makanan lain yang harus Anda masukkan ke dalam menu sehat sehari-hari adalah buah jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C, jaring putih di sekitarnya mengandung tinggi bioflavonoid yang memperkuat pembuluh darah, dan kulitnya kaya limonene yang dipercaya sebagai antikanker dan anti-inflamasi.

Baca Juga: Di Balik Predikat Sehat, 6 Makanan Ini Memiliki Tinggi Kalori

Susu Fermentasi Adalah Sumber Kalsium yang Baik

Sumber : everydayhealth

Susu fermentasi tidak hanya memiliki bakteri yang bermanfaat bagi usus dan kesehatan pencernaansecara keseluruhan. Susu fermentasi juga memasok kalsium yang tidak hanya dibutuhkan untuk kesehatan tulang, tetapi juga menjaga darah kita dalam kisaran pH yang ideal. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang Anda untuk menjaga kalsium darah dalam kisaran normal. Anda bisa mengonsumsi susu fermentasi dalam bentuk kefir, yogurt, atau keju.

Rempah-Rempah Seperti Kunyit, Kayu Manis, dan Rosemary Dapat Mengurangi Peradangan

Sumber : meghantelpner

Jika Anda mencari sesuatu yang sederhana untuk menambah cita rasa pada menu makanan Anda cobalah menambahkan kunyit, kayu manis, atau rosemary untuk manfaat kesehatan ekstra. Ketiga rempah-rempah tersebut dapat membantu mengurangi peradangan, mengontrol kadar gula darah, serta melindungi dan mendukung fungsi kognitif tubuh.

Beri komentar Anda tentang artikel ini