5 Ragam Nasi Pecel di Pulau Jawa Ini Super Nikmat dengan Ciri Khas Tersendiri!

ragam nasi pecel
Sumber : food.idntimes

JOB-LIKE – Jika Anda memiliki rencana untuk mengelilingi Pulau Jawa, maka salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah nasi pecel. Mengapa? Karena nasi pecel merupakan kuliner tanah Jawa yang cukup melegenda dan hampir ada di setiap daerah di Pulau Jawa. Nasi pecel sendiri terdiri dari nasi, sayur rebus, dan siraman bumbu kacang dengan cita rasa manis dan pedas yang khas. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut ragam nasi pecel yang ada di beberapa daerah di Tanah Jawa, yuk simak ulasannya berikut ini.

Ragam Nasi Pecel di Tanah Jawa

1. Nasi Pecel Pincuk Madiun

Sumber: madiunkotamuseumjatim

Madiun nampaknya menjadi kota pertama yang memperkenalkan nasi pecel ke se-antero negeri ini. Maka tak heran jika Anda menemukan banyak sekali pedagang nasi pecel selama berada di Madiun. Dinamakan nasi pecel pincuk karena nasi pecelnya disajikan di atas daun pisang atau pincuk. Nasi pecel Madiun ini berisikan kacang panjang, tauge, petai cina, tahu tempe, rempeyek dan telur dengan siaraman saus kacang yang pedas manis. Nyam!

Baca Juga: Siap-Siap Tergiur, Ini Sajian Nasi Goreng Kambing Paling TOP!

2. Nasi Pecel Tumpang Kediri

Sumber: kulinernasional

Sajian nasi pecel dari kediri ini memiliki siraman sambal tumpang yang bahan utamanya adalah tempe bosok dengan tambahan bumbu dan rempah-rempah. Nasi pecel khas Kediri ini terdiri dari daun pisang, kacang panjang, tauge, dan labu siam yang bercampur dengan nikmatnya tahu, tempe serta telur dadar. Yuk, cobain kalo mampir ke Kediri.

3. Nasi Pecel Tulungagung

Sumber: foody

Isian dari nasi pecel khas Tulungagung ini berupa ayam goreng, telur ceplok, tahu, tempe, dan terasi dele. Terasi dele ini merupakan pelengkap ikonik dari nasi pecel Tulungagung yang terbuat dari tempe, parutan singkong, daun bawang dan seledri. Jangan lupa juga siraman saus kacang yang manis pedas nan menyegarkan.

4. Nasi Pecel Bledek Nganjuk

Sumber: travelingyuk

Siraman saus kacang dalam sajian nasi pecel khas Nganjuk ini pasti akan membuat lidah Anda tebakar. Hal ini dikarenakan seporsi nasi pecel khas Nganjuk menggunakan lebih dari 3 cabai rawit. Isian dari nasi pecel ini berupa daun singkong, kembang turi, kemangi, tauge hingga petai cina dengan siraman saus kacang yang memanjakan lidah. Pecinta kuliner pedas wajib banget nyobain nasi pecel khas Nganjuk ini.

5. Nasi Pecel Blitar

Sumber: panduaji

Daerah Blitar juga memiliki sajian nasi pecel yang tak kalah lezat. Isian lauk pauk nasi pecel Blitar juga hampir mirip dengan nasi pecel pada umumnya, yakni sayuran hijau, tempe, tahu, dan rempeyek. Namun yang membuat nasi pecel Blitar berbeda adalah ditambahkannya serundeng kelapa yang tentu saja akan membuat sajian nasi pecel khas Blitar ini semakin mantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here