Ragam Soto Lezat Indonesia yang Pas Disantap di Kala Hujan Turun

ragam soto lezat
Sumber : kulinermudikddb

Musim hujan seperti sekarang ini memang paling enak menyantap hidangan yang berkuah, seperti mie kuah, ragam macam sop, hingga ragam jenis varian soto. Untuk hidangan soto sendiri, dari Sabang sampai Marauke memiliki ragam soto yang tentunya memiliki ciri khas dan cita rasanya sendiri di tiap daerahnya. Soto sendiri terbagi dari 3 jenis kuah, yaitu kuah kuning, kuah bening, dan kuah santan. Untuk mengetahui ragam soto yang tersebar di Indonesia dan sekaligus bisa menjadi rekomendasi hidangan Anda saat hujan turun, simak rekomendasinya berikut ini.

Ragam Soto Lezat Yang Siap Menggoyang Lidah Di Tengah Musim Hujan

1. Soto Betawi

Soto Betawi

Dimulai dari tanah Jakarta, Soto Betawi bisa dikatakan berbeda dari soto lainnya karena kuah santannya dicampurkan dengan susu sapi putih yang membuat rasanya semakin gurih. Untuk isiannya, Soto Betawi ditambahkan daging dan jeroan sapi seperti hati dan mata sapi. Taburan keripik emping dan ancar mentium hadir menjadi pelengkap sajian ini.

2. Soto Banjar

Soto Banjar
Sumber: 1001resepmasakan

Soto Banjar menjadi hidangan favorit wisatawan jika berkunjung ke tanah yang memiliki predikat sebagai paru-paru dunia ini, yaitu Kalimantan. Ketika soto ini disajikan di hadapan Anda, maka langsung tercium bau rempah-rempah, seperti kayu manis biji pala, dan cengkeh. Selain ayam sebagai bahan utamanya, Soto Banjar juga memiliki isian lain seperti telur rebus, perkedel, bihun dan ketupat/nasi.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Medan yang Siap Memanjakan Lidah Para Wisatawan

3. Soto Mie Bogor

Sumber : resepsedapku

Tak ada yang bisa menolak jika dihidangan kuliner yang satu ini, aroma harum dari berbagai bumbu di dalamnya langsung tercium harum. Soto Mie Bogor menggunakan mie kuning sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan urat, kaki sapi, babat, dan risoles. Untuk Anda yang kurang merasa kenyang walaupun sudah dengan mie kuning, maka Anda bisa menyantapnya dengan nasi.

4. Soto Medan

Sumber : lezatoos

Berbeda dari soto lainnya yang menggunakan daging sapi atau daging ayam sebagai bahan utamanya, maka Soto Medan menggunakan udang sebagai bahan andalannya. Isian dari Soto Medan itu sendiri terdiri dari udang, irisan telur, irisan kentang, perkedel, dan dilengkapi dengan emping. Anda juga bisa menambahkan sambal khas Medan untuk menambah cita rasa pedas.

5. Soto Lamongan

Sumber : cookpad

Serbuk yang terbuat dari udang dan bawang atau yang biasa disebut dengan koya menjadi ikon dari Soto Lamongan. Hal lain yang membuat Soto Lamongan digemari banyak orang adalah daging ayam kampung sebagai bahan utamanya. Bahan pelengkap lainnya adalah bihun, tauge, telur, serta sambal untuk Anda yang suka pedas.

6. Soto Kudus

Sumber : eatjogja

Walaupun memiliki porsi yang cukup mungil, namun siapa sangka Soto Kudus dapat ditemui di hampir seluruh pelosok negeri ini. Hidangan ini sendiri memiliki dua jenis, yaitu soto kudus ayam dan soto kudus kerbau. Akan tetapi, soto kudus ayam lebih populer daripada soto kudus kerbau. Selain ayam sebagai bahan utamanya, soto kudus ayam juga berisi irisan telur rebus, tauge, yang disiram dengan kuah bening.

7. Soto Madura

Sumber : foody

Sama halnya dengan Soto Kudus, Soto Madura juga bisa ditemui di seantero Indonesia. Soto Madura juga memiliki dua varian, yaitu soto daging sapi dan soto ayam. Untuk kuahnya sendiri, Soto Madura cenderung berwarna kuning bening. Isinya adalah irisan daging ayam/ sapi, jeroan sapi, irisan kol, bihun, telur ayam dan tauge.

Beri Komentar Anda

komentar