Intip Rahasia Hidup Sehat Selama Pandemi dari Generali Indonesia

Gen-Talks Generali Indonesia mengenai resep mencegah stres di tengah pandemi. (FOTO: dok. Generali)

Rahasia hidup sehat dan bahagia ternyata mudah kok! Meskipun kehidupan saat pandemi COVID-19 ini tengah terusik sehingga penyakit dan stres semakin mudah menyerang seseorang. Generali Indonesia berbagi resep menemukan kebahagiaan dan pola hidup sehat selama pandemi bersama dr. H. Agus Fauzi PGD. Pall. Med (ECU), Kepala Instansi Paliatif & Bebas Nyeri, di RSUD Soetomo, Surabaya. 

Dr. Agus membagikan resep sehat dalam Gen-Talks bertema “Emotional Wellness: Rahasia Hidup Sehat dan Bahagia” yang digelar Generali Indonesia secara virtual beberapa hari silam, dan juga dihadiri oleh CEO Generali Indonesia, Edy Tuhirman. Topik emotional wellness diangkat Generali Indonesia untuk memberi kesadaran publik akan pentingnya menjaga kesehatan mental dan emosi untuk mendapatkan kesehatan fisik. 

Pentingnya kesehatan mental ini ditandaskan dr. Agus bahwa kebanyakan penyakit justru muncul akibat faktor psikologis dan emosional yang buruk. Apa pasalnya? Karena ketika seseorang terganggu secara psikologis, maka sel-sel imunitas tubuhnya akan menurun. Sehingga tubuhnya akan melemah dari serangan virus penyakit. Tak terkecuali oleh serangan virus COVID-19. Selain itu, faktor psikologis yang seimbang juga disebut dr. Agus menjadi salah satu kunci pasien yang positif COVID-19 untuk pulih.

Baca Juga: Begini Generali Indonesia Menjamin Kesehatan Karyawan Saat Pandemi

“Virus ini menyerang seseorang yang imunitasnya buruk. Mereka yang berusia di atas 60 tahun dan memiliki penyakit bawaan, peluang terpaparnya lebih tinggi. Ditambah lagi tingkat stresnya tinggi. Ketika stres, secara fisik akan mengalami otot atrofi atau ototnya akan mengecil. Lalu psikologisnya juga terganggu, yaitu terjadi otak atrofi,” jelas dr. Agus.

“Serangan stres menjadi mudah terjadi sekarang ini. Karena pandemi ini sudah berlangsung lama, kita menjadi cemas karena tidak kunjung selesai. Lalu ada rasa bosan juga karena selalu berada di rumah. Penyesuaian seseorang akan suatu perubahan biasanya terjadi tiga bulan, bila berlanjut maka akan ada kejenuhan. Kalau tidak dikelola dengan baik maka akan bahagia,” lanjutnya.

Lalu, bagaimana resep mengelola stres untuk hidup sehat selama pandemi COVID-19? 

Edy Tuhirman, CEO Generali Indonesia, mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih waspada dalam menjaga kesehatan mental dan emosi selama pandemi. (FOTO: dok. Generali)

Dr. Agus memberikan resep sederhana hidup sehat selama pandemi melalui 5F untuk menjaga imunitas tubuh. Pertama, Fit atau menjaga tubuh tetap bugar. Oleh karenanya, faktor makanan yang bergizi menjadi penting. Begitu juga dengan aktivitas olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup antara 6-8 jam per hari.

Meski aktivitas olahraga yang rutin diperlukan, dr. Agus mengingatkan agar masyarakat mampu mengenali kemampuan staminanya. Berolahraga hanya karena tren justru akan berakibat fatal bila memaksakan stamina di luar daya kemampuan tubuh. 

Resep 5F yang kedua adalah Fresh, yaitu menjaga pikiran untuk berpikir positif. Seseorang harus mampu mengontrol hormon kortisol yang berfungsi untuk mengendalikan metabolisme. Bila tidak terkendali, hormon kortisol bisa menyebabkan munculnya penyakit, seperti diabetes.

Baca Juga: Jurus Generali Cegah Penyebaran COVID-19 di Masa New Normal

Nah, stres menjadi salah satu faktor penyebab tidak terkendalinya hormon kortisol. Oleh karena itu, kendalikan hormon kortisol dalam tubuh dan tingkatkan hormon endorfin yang memicu kebahagiaan dengan cara berpikir positif.

“Cukup berpikir positif, bersikap positif, berucap positif maka sel-sel dalam tubuh akan bergerak positif, lalu daya tahan tubuh meningkat. Nah, 5F berikutnya adalah Fun. Perbanyak senyum dan tertawa, jalankan aktivitas dengan senang hati. Kamu juga bisa melakukan hobi di rumah agar fun,” ujar dr. Agus.

“Lalu faktor Food dengan menjaga kesimbangan macronutrien seperti karbo, lemak, protein. Serta micronutrien seperti vitamin dan mineral. Minum juga air putih minimal 10 gelas. Dan terakhir, Fight dengan terus bersemangat. Karena 50 persen dari keberhasilan dipengaruhi oleh faktor semangat. Penting juga fight ini dilengkapi dengan beribadah dan berkarya,” imbuhnya.

Dengan menerapkan resep 5F di atas diharapkan masyarakat bersatu untuk memutus rantai penularan virus COVID-19. Selain 5F, membekali diri dengan asuransi perlindungan jiwa juga penting pada masa pandemi ini. Dengan memiliki asuransi perlindungan jiwa, seseorang akan merasa lebih tenang sehingga tingkat stres bisa terkontrol. Terlebih bagi pasien COVID-19 yang membutuhkan jaminan secara keuangan melalui asuransi untuk proses pengobatannya. Rasa tenang secara psikologis tentu akan mempercepat proses pengobatan.

Kunjungi Generali Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here