Gimana HRD Merekrut Karyawan? Psst…Intip Dulu Rahasianya

Merekrut karyawan bukan pekerjaan mudah bagi HRD. Selain butuh memahami kemampuan para kandidat, HRD terkadang butuh insting yang tepat untuk menentukan orang baru. Nah, ini beberapa rahasia yang perlu kamu tahu dari HRD saat mereka merekrut karyawan.

Saat Hendak Merekrut Karyawan, HRD Tidak Akan Memberikan Penawaran Gaji Tinggi

Kamu perlu rasa percaya diri ketika ditanya mengenai gaji yang kamu minta. Dalam sebuah wawancara, biasanya HRD akan menanyakan hal penting ini padamu. Satu hal yang harus kamu ingat adalah bahwa HRD tidak akan langsung memberikan penawaran tinggi untuk gajimu.

Dengan begitu, kamu diberi ruang untuk melakukan negosiasi soal gaji. Dari sinilah HRD dapat menilai karakter dan kepribadian kamu. Jadi, pastikan kamu beri angka yang menurut kamu sudah sepadan dengan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki ya.

Dalam Merekrut Karyawan, HRD Menilai Kesan Pertama

Selain soal gaji, jangan lupakan tentang penampilan dan attitude kamu saat wawancara. Ini tidak kalah penting daripada sekadar gaji. HRD akan selalu mengingat dengan jelas sesuatu tentang kamu sejak saat pertama kali bertemu.

Kalau kamu meninggalkan kesan pertama yang baik, HRD tentu mempertimbangkanmu untuk diwawancara oleh user. Lain halnya kalau sedari awal kamu sudah tak bisa menarik hati HRD. Kemungkinan kamu bisa lolos bisa lebih kecil, jadi pastikan kamu tampil sebaik mungkin dari awal ya.

Baca Juga: Pertanyaan Saat Interview Ini Harus Kamu Tanyakan, Nggak Boleh Pasif!

HRD Cenderung Suka Kandidat Jujur daripada Mencoba Terlihat Hebat

Mungkin kamu penasaran, kandidat seperti apa sih yang dicari HRD dalam merekrut karyawan? Salah satu jawabannya adalah kandidat yang jujur tanpa terkesan dilebih-lebihkan. Belum tentu loh orang yang suka banyak bicara dapat otomatis mendapat perhatian HRD.

Biasakan untuk selalu bersikap sewajarnya saat wawancara. Kamu tidak perlu mengesankan diri tampak hebat. Cukup dengan menjawab setiap pertanyaan dengan tenang dan jujur, HRD pun pasti bisa menilai value yang ada pada dirimu.

Hati-Hati, HRD Diam-Diam Mengecek Media Sosial sebelum Merekrut Karyawan

Di zaman serba canggih seperti sekarang, melacak kepribadian seseorang terasa cukup mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengecek media sosialnya. Nah, hal ini pulalah yang kerap dilakukan HRD saat mencari calon karyawan.

Mulai sekarang, coba cek media sosial kamu dengan lebih teliti. Apakah isi konten di media sosial kamu tidak mengandung hal-hal negatif? Jangan sampai ya sifat asli kamu justru lebih kelihatan di media sosial daripada saat wawancara dengan HRD.

Itulah beberapa rahasia yang kerap dilakukan HRD dalam merekrut karyawan. Semoga kamu bisa menjalani wawancara selanjutnya dengan sukses ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here