Traveler, Ini Rahasia Menabung agar Kamu Bisa Cepat Berlibur

Kecuali mendapat rejeki nomplok tiba-tiba, kamu tentunya harus menabung jika ingin berlibur. Hanya saja, keinginan untuk menabung seringkali dikalahkan oleh pengeluaran sehari-hari. Apalagi, kalau kamu tidak memiliki perencanaan keuangan sebelumnya. Padahal, menabung untuk liburan sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Yang harus diketahui, sebaiknya hindari berlibur dengan uang pinjaman. Salah satu tujuan berlibur adalah menyegarkan pikiran. Kalau kamu pulang dari berlibur lalu memikirkan pinjaman yang harus dibayar, maka tujuan dari berlibur tidak tercapai bukan?

Selain hal di atas, ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan.

Merancang Bujet Liburan

Rahasia menabung yang efektif terletak pada pendanaan. Susunlah bujet liburan agar kamu mengetahui seberapa banyak harus menabung. Kamu juga bisa mengetahui pos-pos apa saja yang harus ada kalau ingin liburan berjalan lancar, aman dan nyaman. Agar mudah mengetahuinya, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan ini.

  • Berapa lama saya akan berlibur?
  • Apakah saya akan menjadi budget traveler atau mid-range traveler?
  • Berapa bujet hotel yang saya butuhkan?
  • Berapa bujet plesiran yang saya butuhkan?
  • Berapa bujet makan yang saya butuhkan?

Baca Juga: Mau Liburan? Cari Tahu Dulu Penggunaan Asuransi Travel Kartu Kredit

Trik Berhemat untuk Liburan

Bukan rahasia lagi, jika ingin menabung dengan benar, kamu juga harus berhemat. Oleh karena itu, kamu harus mengulas kembali item-item pengeluaran yang biasanya dilakukan. Semisal, pengeluaran untuk ke gym, pengeluaran untuk ke coffee shop, kuota internet, pengeluaran bensin dan lain-lain.

Kalau kamu mau memangkas pengeluaran tersebut, kamu bisa menabung untuk liburan dengan lebih cepat. Selain itu, kalau kamu sering makan di luar rumah, cobalah untuk memasak sendiri di rumah. Sehingga, kamu bisa berhemat.

Trik lainnya, kalau kamu membayar pembelian dengan kartu kredit, cobalah menggantikannya dengan uang tunai. Cara ini membantu agar kamu bisa berhemat dengan memangkas beban bunga kartu kredit.

Selain itu, selagi menabung untuk liburan panjang, kamu bisa mengisi akhir pekan dengan berhemat. Caranya, dengan melakukan kegiatan yang tidak mengeluarkan banyak uang. Semisal, berjalan-jalan di dalam kota atau menyalurkan hobi di rumah.

Menjual Barang

Menjual barang bisa kamu lakukan kalau ingin cepat bisa berlibur. Asalkan, kamu sudah mempertimbangkan sebelumnya apakah kamu sudah tidak lagi menggunakan barang tersebut. Atau apakah fungsinya bisa digantikan dengan barang yang lain.

Kamu tentunya tidak ingin menyesal setelah menjualnya bukan? Beberapa item yang bisa dipertimbangkan untuk dijual yaitu jam tangan, smartphone dan laptop.

Nah, dengan melakukan beberapa hal di atas, kamu bisa menabung dengan lebih cepat untuk mencukupi bujet liburan. Liburan pun bisa kamu lakukan dengan tenang, tanpa menyesal di kemudian hari karena sudah mengeluarkan uang yang banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here