Rahasia Promosi Bisnis Saat Pandemi yang Bikin Omzet Tetap Melejit

Bisnis merupakan salah satu sektor yang paling terpengaruh wabah Covid-19. Pandemi Covid-19 yang meresahkan sudah membuat banyak bidang bisnis merugi. Kendati demikian, bukan berarti promosi bisnis saat pandemi harus dihentikan dan membuat kamu menyerah begitu saja.

Sebaliknya, promosi bisnis saat pandemi justru harus dilakukan dengan cara yang tepat agar omzet bisnis meningkat atau setidaknya stabil. Sekarang, mari menyimak ulasan ini supaya bisa mempromosikan bisnis secara efektif:

Menunjukkan Sisi Empati

Salah satu strategi promosi bisnis saat pandemi yang patut dilakukan adalah menunjukkan sisi empati. Kepedulian terhadap sesama dalam masa-masa sulit bisa menjadi personal branding yang menonjolkan bisnismu.

Jadi, sebaiknya kamu membuat konten yang menunjukkan sisi empati sebagai upaya promosi softselling. Kamu juga bisa berbagi rezeki dengan menyisihkan sebagian keuntungan bisnis, misalnya melakukan donasi masker medis untuk pihak yang membutuhkan.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Ketakutan Customer yang Kerap Berujung Gagal Membeli

Memberikan Solusi untuk Pelanggan

Wabah Covid-19 mengubah sebagian besar kebiasaan masyarakat dalam berbisnis. Tak sedikit pula yang terpaksa menutup lokasi bisnis offline untuk sementara waktu karena harus mematuhi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Strategi promosi bisnis saat promosi yang mesti dilakukan agar pelanggan tak kabur adalah memberikan solusi untuk pelanggan. Kamu dapat menyiapkan layanan pemesanan online dan pengantaran agar pelanggan tetap mendapatkan pelayanan terbaik.

Menjaga Komunikasi dengan Pelanggan

Menghentikan kegiatan bisnis offline untuk sementara waktu bukan berarti boleh mengabaikan komunikasi dengan pelanggan. Sebaliknya, kamu justru harus berupaya menjaga komunikasi dengan pelanggan sebagai bagian dari promosi bisnis saat pandemi.

Siapkan kontak khusus berupa nomor WhatsApp dan akun media sosial untuk menjawab pertanyaan atau komplain pelanggan. Manfaatkanlah media sosial dan aplikasi chat untuk tetap terhubung dengan pelanggan setiap saat.

Mengikuti Tren yang Muncul Akibat Pandemi

Promosi bisnis saat pandemi juga harus mengetahui perubahan tren yang terjadi akibat wabah Covid-19. Misalnya, kamu memberikan bonus berupa masker gratis untuk setiap pemesanan yang dilakukan pelanggan. Selain itu, adaptasi bisnis juga harus dilakukan dari sisi kebersihan.

Terutama jika kamu berkecimpung di bidang bisnis kuliner. Pastikan kalau produk yang diterima pelanggan selalu higienis, segar, dan bebas kontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit. Dengan demikian, mempertahankan loyalitas pelanggan bukanlah hal mustahil.

Ide apa saja yang sudah kamu wujudkan sebagai upaya promosi bisnis saat pandemi?

Perubahan kondisi sosial masyarakat bisa membuka peluang bisnis yang potensial bila kamu dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here