Untuk Apa Anda Kerja Lembur? Ini Rahasia Teman-Teman Anda Yang Pulang Tepat Waktu

pulang
Sumber: iitokoronet

Di saat anda masih sibuk-sibuknya di depan komputer saat jam pulang kantor, entah mengerjakan laporan yang lagi ditunggu-tunggu oleh atasan. Sedangkan teman anda sudah sibuk bersiap-siap untuk pulang. Bahkan ini terjadi hampir setiap hari. Disaat kondisi seperti ini, pasti berbagai pertanyaan, dugaan, dan kecurigaan mungkin ada di dalam benak anda dan karyawan lainya.

“Pasti kerjaan dia kurang banyak!” Atau, “Dia gak punya loyalitas tuh!”

Tetapi kenyataannya semua kecurigaan tersebut belum tentu benar, kalau anda sering terheran-heran dengan teman anda, berikut ini lima rahasia karyawan yang selalu pulang tepat waktu dan tidak pernah lembur:

Rahasia Teman Anda Yang Tidak Lembur Dan Pulang Tepat Waktu

1. Bisa Mengelola Waktu dengan Baik

Di saat seorang karyawan selalu pulang larut malam, bahkan di akhir minggu pun anda tetap pergi ke kantor. Belum tentu dengan bebannya yang tinggi. Terkadang karyawan itu sendiri yang membuat dirinya harus lembur di setiap harinya. Contohnya, karena keasikan streaming film, kelamaan bermain telepon genggam, atau bisa juga berbicara dengan yang lain di saat jam kerja. Seorang karyawan bisa pulang lebih tepat waktu kalau Ia bisa menentukan prioritasnya, prinsipnya adalah gunakan jam kerja secara baik dan maksimal. Tanpa adanya gangguan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan kerjaan. Di saat istirahat gunakanlah untuk istirahat dan saatnya pulang ya pulanglah.

2. Mengerti Cara Kerja yang Efektif

Terlalu memaksakan otak untuk berlama-lama bekerja tidak akan efektif, hal ini disadari betul oleh teman anda yang rajin pulang tepat waktu. Disaat jam istirahat misalnya, seluruh pekerjaan pasti Ia tinggalkan untuk makan siang atau ngobrol dengan teman kantor. Dia lebih memilih mulai dan berhenti melakukan pekerjaannya disaat yang tepat, daripada hasilnya belum tentu maksimal.

3. Menjalani Kehidupan yang Seimbang

Karyawan yang selalu pulang tepat waktu yakin bahwa pentingnya keseimbangan kehidupan kerja (Work-Life Balance). Karyawan tersebut sadar bahwa hidup tidak selalu soal pekerjaan. Maka dari itu, Ia selalu punya catatan untuk jalan-jalan di akhir pekan bersama keluarga atau berkumpul bersama sahabat di luar kantor, sehingga keesokan harinya Anda bisa merasa lebih segar dan tidak perlu takut akan ngantuk saat meeting berlangsung.

4. Memiliki Kerja Sampingan

Mungkin saja teman kantor Anda memiliki pekerja lain, bisa saja Ia memiliki bisnis sampingan atau bekerja paruh waktu di perusahaan lain. Hal ini menunjukkan selain pekerja keras, teman Anda patuh sama komitmen. Terbukti, Ia selalu membagi waktunya dengan benar, agar pekerjaan utamanya tidak terggangu.

5. Memaksimalkan Waktu Bersama Keluarga

Ketika karyawan sudah berkeluarga, komitmen seorang pekerja otomatis akan bertambah. Ia harus bisa berbagi prioritasnya supaya bisa memaksimalkan waktu luang untuk keluarganya. Nah, bisa jadi teman Anda yang selalu pulang dengan tepat waktu ini memiliki prinsip, kalau gaji beserta lembur yang tinggi itu tidak ada apa-apanya dibandingkan berharganya waktu untuk keluarga.