Siasat Jitu Mengatasi Rasa Malas Akibat Sindrom Pasca Liburan

sindrom pasca liburan
Sumber : Civil Eats

Sindrom pasca liburan bukanlah suatu hal yang aneh karena hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Rasa malas dan masih ingin menikmati waktu liburan yang lebih lama lagi tentu bisa mengganggu produktivitas Anda. Gangguan psikologi yang satu ini dikenal dengan istilah post-holiday blues.

Walaupun gangguan tersebut kerap dialami orang setelah masa liburan panjang, bukan berarti Anda tak perlu mengatasinya secara serius. Lalu, bagaimana cara jitu mengatasi sindrom ini? Berikut ulasannya.

5 Siasat Jitu yang Bisa Anda Ikuti dalam Mengatasi Rasa Malas akibat Sindrom Pasca Liburan

Siapkan Jeda Waktu Sebelum Kembali Bekerja

Sebaiknya, Anda tak menentukan waktu pulang berlibur yang terlalu berdekatan dengan waktu masuk kerja. Jika Anda berlibur ke luar kota atau luar negeri, alangkah lebih baik menyiapkan jeda waktu dua hingga tiga hari sebelum masuk kerja. Misalnya, pulang berlibur di hari Kamis atau Jumat bila akan kembali kerja di hari Senin. Dengan demikian, Anda pun memiliki waktu untuk membereskan barang bawaan, membersihkan rumah, dan istirahat lebih lama. Semangat Anda pastinya juga akan kembali pulih karena tubuh sudah merasa fit.

Baca Juga: 4 Cara Jitu yang Membuat Anda Kembali Bekerja dengan Semangat Setelah Masa Liburan

Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Sumber : Fit Girl Pretty World

Di sela-sela rutinitas sebelum kembali bekerja, alangkah lebih baik lawan sindrom pasca liburan dengan cara berolahraga. Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan olahraga yang Anda sukai. Supaya lebih bersemangat, cobalah mengajak anggota keluarga atau sahabat untuk berolahraga bersama. Tubuh yang bugar tentu akan membuat produktivitas Anda tetap terjaga sewaktu kembali masuk kerja.

Melihat-Lihat dan Mengedit Foto Liburan

Menurut seorang sosiolog bernama Christine Carter, melihat-lihat dan mengedit foto-foto liburan ternyata bisa memberikan sensasi menyenangkan yang sama dengan pengalaman berlibur. Hal sederhana ini akan membantu membangkitkan semangat Anda secara efektif. Nanti Anda tinggal mengalihkan semangat pada rutinitas pekerjaan yang sedang menunggu Anda.

Mulai Beradaptasi dengan Pekerjaan

Sumber : Forbes

Langsung masuk kerja usai liburan hanya akan membuat Anda merasa terbebani. Untuk menyiasatinya, Anda bisa beradaptasi dengan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Satu atau dua hari sebelum kembali bekerja, cobalah membuka email, memeriksa pekerjaan, dan mengingat pekerjaan terakhir yang sudah Anda selesaikan. Maka Anda pun akan merasa lebih siap dengan sejumlah pekerjaan yang akan Anda hadapi usai liburan.

Membeli Perlengkapan Kantor yang Baru

Sumber: balidanasejahtera

Cara sederhana yang satu ini patut Anda manfaatkan menjelang masuk kerja. Cobalah membeli beberapa perlengkapan kantor yang baru untuk mendukung aktivitas kerja Anda. Selain itu, Anda  juga bisa membeli barang-barang pribadi seperti tas kerja atau busana kerja yang baru. Agar Anda bersemangat ingin segera menggunakannya sewaktu bekerja. Energi positif yang sederhana ini tentu sangat baik untuk menghalau dampak buruk sindrom pasca liburan.

Jadi, jangan mau kalah dengan rasa malas akibat sindrom pasca liburan. Kalau liburan sudah selesai, ini saatnya untuk kembali bekerja dengan semangat. Produktivitas Anda tentu dapat memengaruhi performa kerja dan peningkatan jenjang karier secara pesat.