Realita Kerja Kantoran Ini Nggak Sesuai dengan Ekspetasi saat Kuliah

Di penghujung lulus kuliah, kamu mungkin membayangkan dirimu menjadi karyawan sebuah perusahaan dengan kehidupan lebih menyenangkan. Sayangnya, realita kerja kantoran lebih sering melenceng dari angan-angan saat kuliah. Tak percaya? Simak deh realita kerja kantoran berikut yang pasti pernah kamu alami.

Dulu Berangan-Angan Cepat Mendapat Pekerjaan

Bayangan setelah lulus kuliah adalah segera mendapatkan pekerjaan. Selain itu, segera menikmati dunia kerja yang terkesan tidak monoton layaknya kuliah. Namun, apakah semudah itu mendapatkan pekerjaan?

Kenyataannya, kamu harus bersaing dengan banyak pelamar yang juga punya keinginan sama dengan kamu. Boro-boro langsung dapat pekerjaan, yang ada kamu harus sering bersabar karena berulang kali ditolak. Realita kerja kantoran ini sempat terpikirkan saat kuliah nggak?

Sering Lembur Jadi Realita Kerja Kantoran yang Beda dari Impian Masa Kuliah

Kalau kuliah terkesan membosankan, mungkin kamu punya bayangan saat bekerja nanti segalanya berubah. Iya sih, hidup kamu memang benar-benar akan lebih banyak tantangan di hampir setiap harinya. Bahkan, lembur kerja terkadang menjadi teman paling akrab saat sudah berkarier.

Efek dari terlalu banyak lembur kerja itu banyak sekali, salah satunya adalah kejenuhan. Rasanya impian tentang bekerja yang menyenangkan bisa tiba-tiba hilang dan digantikan dengan kelelahan bekerja tiada henti. Ujung-ujungnya kamu sering berandai-andai sendiri, “Kalau saja bisa balik ke zaman kuliah…”

Baca Juga: Pikirkan Baik-Baik Hal Ini Sebelum Memutuskan Bekerja di Jakarta

Nggak Perlu Idealis, yang Penting Dapat Pekerjaan Dulu

Mungkin saat kuliah kamu sempat punya impian bekerja sesuai passion. Bagi kamu, bekerja dengan passion akan jauh membahagiakan dan lebih menjamin kesuksesan. Pada akhirnya, terkadang idealismemu harus runtuh pelan-pelan ketika berusaha mendapatkan pekerjaan.

Sulitnya mendapat pekerjaan membuatmu memendam ego sejenak. Realita kerja kantoran juga membuahkan satu prinsip baru yang mungkin tak terpikir saat kuliah: apa pun pekerjaannya, yang penting kerja dulu. Hayo, kamu merasakan hal seperti ini nggak?

Realita Kerja Kantoran yang Sering Dialami: Kok Gaji Cepat Habis Ya?

Dulu saat kuliah kamu merasa mau beli sesuatu harus susah payah menabung. Sampai-sampai kamu berkhayal kalau besok sudah kerja, kamu bebas beli apa pun tanpa perlu gundah bokek. Nah, apakah kemudahan finansial langsung begitu saja kamu dapatkan selepas kerja?

Ternyata jawabannya adalah tidak. Saat masih baru menjadi karyawan, kamu akan merasakan kenapa gaji begitu cepat habis. Lama-kelamaan, kamu harus memutar otak bagaimana mengelola keuangan lebih baik, mulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari, tabungan, hingga dana untuk bersenang-senang.

Bagaimana? Apakah eskpetasi bekerja kamu saat kuliah sesuai dengan realita kerja kantoran? Tetap semangat dan percaya untuk bisa berkarier baik ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here