Harga Tiket Pesawat Tak Stabil, Presiden Ingin Undang Maskapai Asing

Seperti yang terjadi saat ini, harga tiket pesawat kian hari semakin tidak menentu. Bahkan, harga tiket pesawat di Indonesia akhir-akhir ini semakin tidak terjangkau dan tidak masuk akal.

Perihal masalah ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan niatnya untuk mengundang maskapai asing agar harga tiket di Indonesia bisa lebih terjangkau. Tak ayal, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau maskapai lokal agar reformasi diri.

Menteri Perhubungan Menaruh Harapan Besar kepada Maskapai Lokal

Terkait keputusan Presiden Jokowi yang ingin mengundang maskapai asing untuk masuk ke Indonesia agar harga tiket pesawat bisa terjangkau, Budi Karya masih optimis bahwa maskapai lokal bisa membenah diri.

“Efektif atau tidak itu tergantung kesiapan mereka sendiri, tetapi sebenarnya saya masih menaruh harapan bahwa maskapai (lokal) yang ada itu melakukan suatu reformasi,” kata Budi Karya.

Selain menaruh harapan kepada maskapai lokal, ia juga berharap kehadiran maskapai asing merupakan sebuah alternatif yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat ketika harga tiket maskapai lokal kembali tak menentu.

“Supaya ada suatu keseimbangan harga, keseimbangan supply and demand sehingga maskapai asing itu menjadi alternatif,” lanjut Budi Karya.

Baca Juga: Kursi Berdiri “Skyrider 3.0” Solusi Harga Tiket Pesawat Murah

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyatakan dukungannya terhadap keputusan Presiden Jokowi yang ingin mengundang maskapai asing untuk beroperasi secara komersil di Indonesia.

Rosan Roeslani, selaku Ketua Kadin, mengatakan bahwa usulan Presiden Jokowi tersebut bisa kembali membuat kompetisi harga tiket pesawat menjadi lebih stabil dan terjangkau.

“Di dunia usaha, kompetisi bukan suatu yang harus ditakuti. Adanya maskapai asing masuk akan membuat kompetisi menjadi lebih baik dan efisien,” ujar Rosan Roeslani.

Salah satu maskapai asing yang sudah menyambut baik usulan Presiden Jokowi adalah maskapai AirAsia. Menurut Rosan Roeslani, harga tiket pesawat yang ditawarkan oleh maskapai AirAsia masih lebih terjangkau oleh masyarakat Indonesia dibandingkan harga tiket maskapai lokal.

Ke depannya, tentu semua pihak pemerintah Republik Indonesia berharap agar harga tiket pesawat bisa kembali terjangkau oleh seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here