5 Tips Liburan saat Ramadhan Tanpa Batal Puasa

Bulan suci Ramadhan akan selesai dengan hitungan hari, Anda pasti sudah bersiap untuk mudik atau bahkan berlibur ke luar negeri untuk mengisi waktu libur panjang ini. Namun, jangan sampai hari-hari akhir berpuasa Anda batal karena harus bepergian yang melelahkan secara fisik dan mental. Nah, berikut beberapa tips liburan saat Ramadhan ke luar negeri saat Anda masih berpuasa.

Pilih Waktu Penerbangan yang Tepat

Sangat penting untuk mengetahui kapan waktu sahur dan buka saat Anda memutuskan untuk liburan saat Ramadhan. Jika Anda dapat melihat matahari terbenam atau malam telah tiba saat di destinasi tujuan, maka waktu berbuka sudah tiba.

Pelancong Muslim yang menggunakan pesawat disarankan untuk memilih waktu keberangkatan setelah berbuka puasa dan mendarat sebelum sahur, sehingga Anda tidak harus berpuasa saat berada di pesawat. Kalau tidak, jika memungkinkan, Anda harus mencoba mengatur waktu keberangkatan atau kedatangan Anda untuk menghindari keharusan sahur atau berbuka puasa selama penerbangan.

Selain itu, jika Anda berada di kota dengan cahaya siang yang luar biasa panjang terutama di musim panas, Anda sangat disarankan untuk mengikuti jam puasa di Arab Saudi atau jadwal negara asal Anda.

Jangan Melewatkan Sahur

Sahur sangat penting untuk para pelancong Muslim karena itu adalah satu-satunya sumber energi sebelum Anda mulai berpuasa. Sayangnya, banyak pelancong yang melewatkan sahur saat liburan karena beragam alasan.

Jika terasa sulit bagi Anda mencari makanan saat sahur, maka Anda bisa mengemas atau membeli makanan sebelum tengah malam tiba dan toko-toko tutup. Pastikan santapan sahur yang akan dikonsumsi kaya akan protein dan karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan dan yogurt.

Lakukan Perencanaan Matang untuk Liburan saat Ramadhan

Saat mengatur rencana perjalanan, penting bagi pelancong Muslim untuk tetap pada rencana perjalanan yang ringan dan fleksibel. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak memaksakan diri saat bepergian. Selain itu, pastikan untuk mengetahui letak masjid atau restoran terdekat dari penginapan atau tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Selain itu, jika Anda bepergian ke negara Muslim, catat jam kerja yang terpengaruh karena Ramadhan. Restoran, pasar, dan bahkan bank cenderung mengubah jam buka mereka selama bulan puasa.

Baca Juga: Selain Lebih Hemat, Ini 4 Keuntungan Liburan saat Bulan Puasa

Unduh Aplikasi Muslim-friendly

Karena kemajuan teknologi ada banyak aplikasi ramah Muslim yang akan memastikan Anda memenuhi kewajiban Anda sebagai Muslim dengan mudah dan efisien. Ada banyak aplikasi yang akan membantu Anda menemukan restoran halal terdekat, masjid, dan melacak waktu sholat. Bonusnya, ada beberapa aplikasi seperti Pro Muslim yang dilengkapi dengan Al-Quran

Berkumpul dengan Komunitas Muslim Setempat

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menjaga semangat Ramadhan saat bepergian selain berkumpul dengan saudara dan saudari Muslim di destinasi tujuan. Pasti ada komunitas Muslim di setiap kota yang dengan senang hati akan menyambut Anda.

Anda dapat memilih untuk tinggal di dekat masjid karena akan lebih mudah untuk menemukan restoran halal di sekitarnya. Sebagian besar masjid juga menawarkan makanan sahur atau buka puasa gratis yang merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk berinteraksi dengan penduduk setempat. Juga, Anda dapat mengalami Ramadhan seperti penduduk setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here