Nyum! Healthy Recipes: 3 Smoothie Sehat Berbahan Kunyit

Kunyit bukan hanya berfungsi sebagai rempah-rempah penambah rasa pada masakan, tetapi juga membantu tubuh melawan peradangan, menangkal banyak penyakit, termasuk Alzheimer dan kanker.

Kunyit bisa diolah sebagai bahan tambahan untuk berbagai makanan dan minuman sehat. Salah satu cara termudah, yaitu membuat smoothie berbahan kunyit.

Berikut tiga resep smoothie sehat berbahan kunyit dan bahan sehat lainnya untuk kamu memulai hari atau sebagai kudapan sehat di sela-sela aktivitas.

Smoothie Kunyit dan Mangga

Resep smoothie lezat ini penuh dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan. Dalam satu buah mangga, kamu sudah dapat memenuhi 100 persen kebutuhan harian Vitamin C, 35 persen vitamin A, dan 20 persen folat.

Jadi, tak mengherankan bila buah mangga menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Selain kekuatan nutrisinya, buah tropis ini juga memiliki rasa manis dan creamy yang cocok dijadikan apa saja, mulai dari smoothie hingga dressing.

Bahan-bahan:

1/2 mangga beku dipotong dadu

1 pisang beku sedang

1/2 sdm bubuk maca

1 sdm kelapa parut

1/2 sdm bubuk kunyit

1/2 sdt jahe

1/2 sdt bubuk kayu manis

1 sdt madu mentah

1 cangkir susu almond

Cara membuatnya:

Untuk membuat smoothie berbahan kunyit yang sehat ini sangat mudah. Masukkan semua bahan ke dalam blender berkecepatan tinggi dan blender hingga halus atau sampai teksturnya cukup kental.

Setelah jadi, tuangan ke dalam gelas atau mangkuk dan siap dinikmati. Kamu juga bisa menambahkan potongan mangga segar sebagai toppingnya.

Baca Juga: Selain Rasanya yang Enak, Mari Intip Khasiat Mangga untuk Kecantikan!

Smoothie Kunyit dan Buah Tropis

Resep smoothie hijau ini mengandung begitu banyak “makanan super” yang baik untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Kale, lemon, jahe, dan kunyit, semuanya memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membantu tubuhmu melawan peradangan serta membantunya melakukan detoksifikasi secara alami.

Mangga dan nanas memberikan rasa manis serta mengandung banyak vitamin A dan C. Alpukat juga menyediakan lemak sehat dan membantu tubuh menyerap nutrisi dari semua makanan super.

Bahan-bahan:

1 cangkir kangkung mentah (beku atau segar)

1 cangkir santan

1 cangkir nanas beku

1 cangkir alpukat

1 mangga

½ jus lemon

1 sdt jahe segar

1/2 sdt bubuk kunyit

Cara membuatnya:

Sama dengan resep smoothie sehat sebelumnya, kamu hanya cukup blender kangkung dan santan hingga halus. Kemudian, tambahkan sisa bahan dan blender lagi hingga halus. Tuang ke dalam gelas dan siap dinikmati kesegarannya.

Smoothie Kunyit, Jahe dan Cabe Rawit

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai hari dengan minuman jeruk sehat dan pedas yang akan memberikan semangat sepanjang hari.

Bahan-bahan:

1 kunyit buku jari

1 setengah Lemon

1-2 jahe buku jari

1 potong cabe rawit

Cara membutnya:

Cuci semua bahan. Lalu, tambahkan kunyit, lemon, dan jahe ke dalam juicer dan pastikan jusnya diekstraksi dengan benar. Setelah selesai, taburi dengan cabe rawit sebagai topping untuk mendapatkan tendangan ekstra, kemudian minumlah dan nikmati khasiat dan rasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here