Review Film “Bebas”: Hiburan dan Nostalgia bagi Anak 90-an

sumber: kaltim.prokal.co

Film “Bebas” yang tayang perdana pada 3 Oktober silam cukup menyedot perhatian para pencinta film Indonesia. Film yang disutradarai Riri Riza tersebut terbilang unik karena dibintangi oleh para bintang muda dan senior Indonesia. Lalu, seperti apa sih cerita di film “Bebas” ini?

Film “Bebas” Merupakan Adaptasi dari Film Korea Berjudul “Sunny”

Film "Bebas" Merupakan Adaptasi dari Film Korea Berjudul "Sunny"
Sumber: nicarubio.wordpress.com

Jauh sebelum Mira Lesmana resmi merilis film ini, Miles Production sudah mengumumkan bahwa film ini adalah adaptasi dari sebuah film Korea berjudul “Sunny”.

Film “Sunny” yang rilis tahun 2011 sendiri sangat sukses dan begitu disukai. Jadi, tidak heran kalau banyak penonton Indonesia sangat menantikan film “Bebas”.

Dengan format yang dibuat sesuai dengan aslinya, Riri Riza sengaja mengubah dan menambahkan beberapa elemen agar sesuai dengan budaya Indonesia. Bahkan, ada beberapa penonton yang beranggapan kalau film ini nggak kalah seru daripada versi asli di film “Sunny” loh.

Kisah Reuni Singkat Geng Bebas Semasa SMA

Kisah Reuni Singkat Geng Bebas Semasa SMA
Sumber: ulasinema.com

Secara garis besar, film “Bebas” berkisah tentang reuni para sahabat SMA bernama geng Bebas yang sudah bertahun-tahun terpisah. Salah satu anggota geng, Kris, tengah sakit keras dan dia meminta Vina untuk mengumpulkan anggota geng Bebas kembali. Ibaratnya, Kris ingin bertemu lagi dengan para sahabatnya sebelum meninggal.

Anggota geng Bebas saat dewasa diperankan oleh Marsha Timothy (Vina), Susan Bachtiar (Kris), Indi Barendz (Jessica), Baim Wong (Jojo), dan Widi Mulia (Gina). Perpaduan akting mereka sangat cair dan benar-benar membawa penonton ikut senang. Guyonan yang dilemparkan pun sangat mengalir tanpa terasa berlebihan.

Baca Juga: 5 Alasan Film “Toy Story” Layak Anda Tonton dari Masa ke Masa

Dengan Setting Tahun 1995, Film “Bebas” Bikin Penonton Bernostalgia

Dengan Setting Tahun 1995, Film "Bebas" Bikin Penonton Bernostalgia
Sumber: itjeher.com

Beranjak ke masa lalu geng Bebas, penonton akan diajak bernostalgia melihat akting Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Zulfa Maharani, Lutesha, dan Baskara Mahendra. Benda-benda yang identik pada tahun 90-an sering ditampilkan. Begitu pula dengan guyonan dan ocehan khas anak gaul Jakarta di masa tersebut.

Tak pelak, penonton benar-benar larut saat geng Bebas muda ini beraksi. Tidak ada satu pun tingkah polah mereka yang membuat bosan. Rasanya film ini akan jauh lebih sampai ke hati para anak generasi 90-an daripada generasi sekarang.

Keunikan Lagu-Lagu yang Muncul di Film “Bebas”

Keunikan Lagu-Lagu yang Muncul di Film "Bebas"
Sumber: beritagar.id

Satu hal lagi yang membuat anak generasi 90-an otomatis bernostalgia adalah pilihan lagu yang ditampilan di film ini. Ada lagu dari Dewa 19, Andre Hehanusa, Vina Panduwinata, hingga Chrisye. Sepanjang menonton film, penonton juga langsung ikut bersenandung saat lagu nostalgia tersebut ikut diperdengarkan bersama beberapa adegan.

Kesuksesan film ini bukan hanya karena ceritanya yang diadaptasi dari film “Sunny” yang hits, melainkan juga paduan kemampuan akting para pemain beserta musik latarnya. Semuanya terasa pas dan komplit. Selepas menonton film ini rasanya senang dan ingin menonton lagi.

Semoga setelah film “Bebas” ini, semakin banyak film-film Indonesia berkualitas yang layak menjadi tontonan kita ya! Selamat bernostalgia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here