Ingin Membangun Usaha Bareng Sahabat? Pertimbangkan Dulu Risikonya

Membangun sebuah bisnis atau usaha bersama sahabat memang cukup meringankan, khususnya dalam sektor modal. Bersama dengan sahabat, tentu modal yang harus dikeluarkan akan bisa lebih ditekan. Tentu hal ini juga bukanlah tanpa risiko, penasaran apa saja?

Perbedaan Pandangan

Risiko pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin membangun usaha bersama sahabat adalah potensi perbedaan pandangan. Dalam hal ini, kamu bisa saja bertengkar dengan sahabat kamu mengenai pandangan masing-masing untuk bisnis kalian.

Tak jarang, perbedaan pandangan ini bisa berakhir dengan tidak meyenangkan. Baik diri kamu maupun sahabat kamu sendiri bisa saja memutuskan hubungan kerja sama terkait usaha yang sedang kalian tekuni.

Retaknya Hubungan Persahabatan

Berbisnis memang tidak harus dikaitkan dengan hubungan pertemanan. Sayangnya, ketika sebuah usaha yang dibangun bersama sahabat mengalami masalah, tak jarang pertengkaran pun bisa terjadi antara diri kamu dan sahabat kamu.

Hal ini biasanya dipicu dengan saling menyalahkan satu sama lain. Alhasil situasi ini tidak akan pernah bisa menemukan titik terang, dan hanya menjadikan hubungan persahabatan kalian menjadi retak. Jadi, pertimbangkan kembali hal ini matang-matang.

Baca Juga: Punya Teman Dekat? Cek Dulu 4 Tanda Persahabatan Berkualitas Ini!

Pembagian Profit

Profit atau keuntungan tentu menjadi target utama dari membangun sebuah usaha. Dalam konteks ini, tak jarang kasus pembagian profit yang tidak adil menjadi masalah pemicu hancurnya persahabatan, serta usaha yang sedang dirintis.

Sejatinya, uang terkadang memang bisa membuat orang lupa diri. Inilah masalah serius yang harus kamu pertimbangkan dengan kepala jernih. Untuk menghindari masalah ini, maka kenali sifat dan tabiat sahabat kamu terlebih dahulu, sebelum membangun usaha bersama-sama.

Ditipu

Terakhir, hal ini juga menjadi poin penting yang harus kamu pahami ketika ingin membangun usaha bersama sahabat. Meskipun hubungan kalian begitu dekat, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa sahabat kamu akan menipu diri kamu sendiri.

Bentuk penipuan bisa bermacam-macam, entah pemasukan harian yang diubah-ubah, sampai membawa kabur uang modal yang telah kamu berikan. Lagi-lagi, hal ini bisa terjadi karena uang memang bisa membuat orang lupa diri. Sehingga kamu harus ekstra berhati-hati.

Kesimpulannya, kenali terlebih dahulu watak, tabiat, serta sifat sahabat kamu sebelum memutuskan untuk membangun bisnis bersama. Sebab, hanya diri kamu lah yang bisa memahami hal tersebut. Salam sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here