Sering Streaming Film Gratisan? Yuk Kenali Risikonya

Sumber: theverge

Streaming film gratisan sudah bukanlah rahasia lagi. Banyak masyarakat Indonesia yang aktif menikmati fitur yang satu ini. Selain bisa menonton film-film box office dari mana saja dan kapan saja, streaming film online juga sangat ramah kantong karena gratis.

Namun, dibalik keunggulannya tersebut, nyatanya ada sejumlah risiko yang mengintai para penikmat streaming film gratisan. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Membuat Perangkat Keras Laptop/PC Rusak

Sejatinya, situs-situs streaming film gratisan memiliki banyak data berbahaya yang bisa merusak sistem kerja alat elektronik yang digunakan untuk mengaksesnya seperti laptop, smartphone atau Personal Computer (PC).

Data-data berbahaya tersebut dikenal juga dengan sebutan junk. Data junk inilah yang bisa membuat hardware atau perangkat keras pada alat elektronik kamu rusak. Data junk tersebut akan membuat perangkat keras menjadi bekerja maksimal.

Alhasil, alat elektronik yang kamu gunakan untuk streaming film secara online akan mudah panas dan rusak. Jadi, pertimbangkan risikonya yang satu ini matang-matang ya.

Disalahgunakan untuk Data Mining

Saat ini, penambangan mata uang kripto juga sedang marak dilakukan oleh banyak orang. Sedangkan, untuk bisa melakukan penambangan mata uang kripto dibutuhkan sistem dan perangkat komputer yang cukup canggih.

Disinilah peran situs streaming film bekerja. Tak sedikit oknum-oknum penambang mata uang kripto menjadikan perangkat para streamer sebagai data miner. Padahal, spesifikasi perangkat elektronik kamu belum tentu mampu digunakan untuk data mining.

Baca Juga: Marak Penggunaan VPN, Yuk Kenali Dampak Negatifnya

Sehingga, jangan heran jika perangkat yang kamu gunakan untuk menonton film gratisan tersebut menjadi panas seketika dalam waktu yang singkat.

Pasalnya, di saat kamu sedang asik menonton film, para penambang uang kripto juga sedang menggunakan sistem perangkat elektronik kamu untuk melakukan data mining.

Pencurian Data Pribadi

Bagi para pelanggan setia situs film gratisan, pasti sudah tidak asing lagi dengan kumpulan iklan-iklan yang kerap muncul. Bahkan, iklan-iklan ini juga kerap dialihfungsikan untuk menanam virus berbahaya yang bisa menyerang sistem perangkat elektronik kamu.

Fungsi virus tersebut bermacam-macam, ada yang ditujukan untuk merusak, dan ada juga yang ditujukan untuk mencuri data pribadi pengguna. Yang sempat menghebohkan, seorang warga Filipina mengaku bahwa uang di rekeningnya menjadi 0 tanpa ia sadari.

Setelah diteliti lebih lanjut, ada sebuah transferan dana ke rekening anonim yang tidak ia lakukan. Pihak kepolisian Filipina mengatakan bahwa korban tersebut telah mengalami perampokan secara digital. Dan sumber perampokan tersebut berawal dari data perbankannya yang dicuri melalui iklan virus di situs streaming film gratisan.

Itulah tiga risiko yang bisa menimpa para penikmat film gratisan di internet. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Jika kamu masih nekat ingin menonton film gratis di internet, maka sebaiknya kamu juga sudah siap dengan segala risiko yang mengintai ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here