Ritual Face Steaming: Manfaat yang Didapat Jika Dilakukan Secara Rutin

Tidak semua orang tertarik melakukan ritual face steaming di rumah. Padahal, face steaming memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin karena dapat membantu membuka pori-pori untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti mencerahkan kulit kusam.

Namun, masih ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukan ritual face steaming di rumah.

Memperlambat Penuaan dan Mencerahkan kulit

Ritual face steaming dapat membantu mengatasi efek yang disebabkan oleh sebagian besar produk anti penuaan. Produk ini mengandung kadar glikolat, salisilat, dan asam retinol tinggi yang meskipun bermanfaat untuk kulit, tetapi dapat mengurangi produksi minyak.

Hal ini pun dapat membuat kulit menjadi sangat kering dan kendur. Panas dari uap air ini dapat melembutkan jaringan kolagen dan elastin di sekitar pori hingga dapat meningkatkan produksi minyak dan mendorong regenerasi sel untuk merangsang sel kulit baru.

Baca Juga: https://magazine.job-like.com/hal-melakukan-perawatan-facial-wajah/

Darah dalam tubuh diatur pada suhu tertentu dan bila terlalu panas kulit bisa berubah menjadi merah, sedangkan jika terlalu dingin kulit menjadi putih. Panas dari uap memicu reseptor kulit yang berkomunikasi ke otak dan mengirimkan perintah pada pembuluh darah untuk mengembang dan memungkinkan darah mengalir ke wajah dan mendinginkannya ke suhu normal.

Peningkatkan aliran darah ini membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen yang menambah kehidupan sel-sel kulit hingga bisa mencerahkan wajah. Oleh karena itulah kenapa ritual face steaming membuat wajah tampak segar bercahaya. Selain itu, ada manfaat lainnya dari face streaming, seperti berikut ini:

Mendorong Kulit Berkeringat

Uap akan bekerja pada jaringan ikat di sekitar pori-pori dan merangsang sumber pori-pori keringat. Keringat membawa racun, kotoran, dan zat lain yang mungkin telah menyumbat pori-pori pada permukaan kulit.

Meningkatkan Difusi

Bila rutin melakukan face steaming, ini juga dapat membantu meningkatkan difusi pada kulit. Uap ini dapat menghangatkan area di sekitar pori sehingga memungkinkan produk perawatan dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Minyak esensial bersifat mikro molekuler dan mampu meresap lebih cepat ke dalam pori yang sangat reseptif.

Membuat Kulit Menjadi Rileks

Ketika kamu melakukan face steaming di rumah, kamu dapat menggabungkan herbal dan minyak esensial dalam air untuk memberi lingkungan aromaterapi hingga dapat menghilangkan stres yang menjadi salah satu penyebab utama kulit wajah menjadi kusam.

Meningkatkan Serapan Vitamin D

Sinar matahari dapat memaksimalkan manfaat vitamin D untuk menguatkan tulang dan memberi imunitas. Tingkat hormon kortisol juga meningkat sehingga stres berkurang. Selain itu hormon serotonin juga terpicu sehingga mood menjadi baik, dan dapat mengatasi jerawat, eksim dan psoriasis yang terutama mempengaruhi kulit.

Menghilangkan Racun dan Kotoran

Wajah biasanya terkena radikal bebas di lingkungan, terutama dari sinar UV. Penggunaan tabir surya dapat menawarkan beberapa bentuk perlindungan, tetapi tabir surya diproduksi secara sintetis sehingga mengandung bahan kimia dan racun yang memengaruhi kulit.

Saat kamu melakukan face steaming, uap ini dapat mengaktifkan area di sekitar pori, sekaligus mendorong keringat untuk menghilangkan racun dari wajah.

Membantu Memaksimalkan Fungsi Makeup Remover

Steaming pada wajah dapat membuka jaringan di sekitar pori sehingga mampu menghilangkan riasan yang terjebak dan menyumbat pori-pori. Melakukan ritual face steaming ini pun dapat membantu memaksimalkan tugas makeup remover sehingga wajah akan dapat dibersihkan secara lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here