Rossi: Marq Marquez Lihai Menjaga Poin

Rossi: Marq Marquez Lihai Menjaga Poin
Sumber: allaguida

Marq Marquez kini memimpin di klasemen pembalap MotoGP. Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, mengakui Marquez lihai membatasi hilangnya poin.

Marquez kini memimpin di klasemen pembalap dengan 129 poin. Sementara Rossi berada di urutan keempat dengan 114 poin. Rossi mengakui bahwa kemampuan Marquez dalam menjaga poinnya di saat-saat yang sulit menjadi kunci keberhasilannya.

“Marquez memimpin karena di saat-saat sulit (Marquez) hanya kehilangan sedikit poin, dibandingkan para pembalap lainnya,” ungkap Rossi seperti dikutip Motorsport. Jadi (Marquez) sangat tangguh, ia menang saat dibutuhkan, tapi di saat sulit ia menjaga dampak negatifnya. Karena itulah ia memimpin (klasemen),” lanjut Rossi.

Meski demikian, Rossi menganggap persaingan balapan MotoGP musim ini tidak hanya didominasi oleh satu atau dua orang pembalap saja. Hampir semua pembalap punya kesempatan untuk naik ke atas podium.

“Saya kira (para pembalap) yang ingin meraih juara dunia saat ini berada di level yang sama. Tidak ada favorit (juara). Saya juga tidak meremehkan Pedrosa, (posisi) nya tidak jauh berada dibelakang,” ujar Rossi lagi.

Di lima besar klasemen, Yamaha kini menempatkan dua orang pembalapnya. Selain Rossi, Maverick Vinales berada di posisi kedua dengan berselisih 5 poin dari Marquez. Rossi sendiri telah berhasil empat kali naik podium dengan catatan satu kali berada di posisi nomor satu yakni saat balapan digelar di Assen, Belanda. Penggunaan chasis motor Yamaha yang baru diyakini menjadi faktor pendukung kemenangannya saat itu.

Tambahan poin di sirkuit San Marino menjadi target Rossi berikutnya. Dukungan supporter fanatik Rossi di Italia diharapkan dapat menambah motivasi untuk bisa memacu motornya lebih kencang. Selain itu tiga balapan di Asia – Australia yakni di Motegi (Jepang), Phillip Island (Australia) dan Sepang (Malaysia) juga berpotensi menambah pundi-pundi poin Rossi musim ini.

“Saya ingin cepat di Misano, saya juga akan mencoba lebih cepat di tiga balapan Asia, disana (Yamaha) juga punya peluang,” ungkap Rossi. “Namun sekarang, yang penting adalah tiba di Brno dan menjadi kompetitif,” ujar Rossi.