Inovasi Rumah Anti Gempa dari Jepang, Levitating House

levitating
Sumber: pinterest

Kita tidak pernah tahu kapan bencana akan menimpa, karena kita bukanlah Tuhan. Namun, kita bisa mencegahnya, misalnya tidak membuang sampah sembarangan di kali sehingga tidak mengakibatkan banjir. Kini di Jepang telah membuat rancangan baru, yang dibuat khusus bencana alam yaitu gempa Bumi. Karena tsunami dan gempa Bumi yang sering terjadi di negara tersebut, saat ini Jepang sedang mulai membangun suatu konstruksi rumah, yang bisa mengurangi risiko runtuhnya rumah. Alasannya adalah gempa Bumi tidak bisa membunuh orang, tapi karena faktor rumah penduduk yang runtuhlah yang dapat memakan korban jiwa. Lebih jelasnya, lihatlah data statistik dan foto-foto yang membuktikan bahwa sebagian besar korban jiwa dari gempa Bumi adalah berasal dari bangunan yang runtuh serta timbunan reruntuhan yang menimpa warga sekitar.

Levitating House Ini Dirancang untuk Mengurangi Korban Jiwa

Lantas tindakan apa yang diambil oleh Jepang untuk mengurangi korban yang berjatuhan akibat gempa Bumi? Saat ini perusahaan Jepang Air Danshin, sedang mulai mengembangkan ide levitating house (rumah melayang) baru-baru ini. Ide ini diusulkan oleh penemu Shoichi Sakamoto. Cara kerja konstruksi dari rumah ini adalah, rumah tersebut telah diberi sebuah alat semacam sensor dan ketika sensor tersebut mulai merasakan adanya getaran ketika gempa bumi terjadi dan kompresor pun akan segera bekerja yang disalurkan ke airbag, dalam waktu singkat airbag akan segera mengembung dalam hitungan detik, yang pada akhirnya akan mengangkat seluruh rumah sekitar kurang lebih 3cm dari fondasi beton. Lalu di saat getaran sudah mulai mereda, secara otomatis airbag akan mengempis. Untuk lebih jelasnya lagi Anda bisa melihat diagram di bawah ini.

Sumber : inhabitant
Sumber : inhabitant

Mengurangi Kerusakan

Direktur Eksekutif Dewan Keamanan Gedung Seismik dan aliansi building SMART, yang merupakan bagian dari National Institute of Sciences Building, Washington, D.C. pun telah menanggapi respon positifnya dan sangat mendukung sekali tentang ide kreatif ini. Selain efektif untuk mengurangi korban jiwa dan kerusakan, dengan menerapkan sistem ini ke setiap rumah maka akan mengurangi goyangan dan getaran saat gempa bumi terjadi.

Sayangnya ide ini masih butuh waktu yang cukup lama agar bisa dibuat lebih matang lagi sebelum dapat benar-benar bisa untuk menahan getaran gempa Bumi berapa pun kekuatannya, baik itu gempa besar atau kecil. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah dengan melayang setinggi 3cm memang dapat menahan beban rumah saat gempa besar terjadi? Ya, itu masih menjadi kekhawatiran dari warga Jepang sendiri. Oleh karena itu, ide ini masih harus dikembangkan karena pasti akan menjadi solusi besar untuk masalah gempa Bumi suatu hari nanti.