Yuk, Lakukan 5 Hal Ini saat Menunggu Hasil Lamaran Kerja!

menunggu hasil lamaran kerja
Sumber : Careers Govt

Menunggu hasil lamaran kerja memang terasa mendebarkan. Apalagi bila pekerjaan yang Anda lamar sudah Anda impikan sejak lama. Selagi menunggu, alangkah lebih baik jika Anda tetap melakukan kegiatan-kegiatan produktif. Supaya waktu Anda tidak terbuang percuma dan Anda tetap bersemangat menjelang bekerja nanti.

Lima aktivitas ini bisa Anda lakukan sambil menunggu hasil lamaran kerja yang sudah Anda kirimkan

Menekuni Pekerjaan Sampingan

Sumber : Free Pik

Banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan sebelum menerima panggilan wawancara kerja. Anda bisa menekuni pekerjaan sebagai sales freelance, pekerja kreatif, vlogger, atau pekerjaan-pekerjaan menarik lainnya. Kalau Anda mahir membagi waktu, tentu saja Anda tak bisa tetap menekuni pekerjaan sampingan ketika sudah mendapatkan pekerjaan utama. Sehingga Anda semakin produktif dan berkesempatan memperoleh penghasilan sampingan yang besar.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Apa Perbedaan antara CV dan Resume?

Melakukan Evaluasi CV

Sumber : Kelly Services

Tak pernah ada kata terlambat untuk melakukan evaluasi diri. Termasuk urusan update Curriculum Vitae (CV) dan portofolio. Ketika menunggu hasil lamaran kerja, Anda bisa memperbaiki CV dan portofolio yang sudah Anda buat dari segi tampilan dan kelengkapan. Di samping itu, update portofolio juga dapat dilakukan bila Anda menjalankan pekerjaan sampingan saat menunggu hasil lamaran.

Mengirim Email Follow Up

Sumber : Make Use Of

Peluang diterima kerja bisa semakin besar kalau Anda mengirim email follow up. Idealnya, email follow up bisa dikirim 24 jam setelah wawancara kerja. Gunakan bahasa yang formal untuk menyampaikan ungkapan terima kasih dan keinginan mendapatkan kabar baik terkait lamaran kerja. Menunggu hasil lamaran kerja pun tak akan sia-sia kalau tim HRD memiliki penilaian positif terhadap perilaku Anda.

Tetap Mencari Lowongan Pekerjaan Lainnya

Sumber : Teklic

Jangan membuang banyak waktu saat menunggu hasil lamaran kerja. Anda bisa mengisi waktu senggang dengan mencari lowongan pekerjaan lainnya. Sehingga Anda punya cadangan lowongan pekerjaan bila ternyata lamaran pekerjaan Anda yang sebelumnya ditolak. Selama menunggu kabar tentang lamaran pekerjaan, Anda pun bisa mengirim lamaran dan menghadiri wawancara kerja di perusahaan lain.

Mempelajari Berbagai Keahlian Baru

Sumber : Free Pik

Selama kuliah atau bekerja, mungkin Anda tak punya cukup waktu untuk mempelajari keahlian baru. Namun, Anda bisa mulai mempelajarinya saat menunggu hasil lamaran kerja. Sehingga Anda tetap kreatif dan terpacu untuk mengenal banyak hal baru. Gunakan waktu senggang sebelum bekerja untuk memperkaya keahlian diri sendiri. Maka nanti Anda akan menjadi seorang karyawan profesional yang memiliki banyak nilai tambah bagi perusahaan.

Belum bekerja bukanlah alasan untuk bermalas-malasan di rumah. Mari menyiapkan diri sebagai pribadi yang produktif dan kompeten untuk mendapatkan pekerjaan impian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here